Pengaruh Lama Ekstraksi Terhadap Kualitas Gelatin Tulang Ikan Patin (Pangasius Hypophthalmus) Dengan Proses Asam

Nugroho, Abdi (2019) Pengaruh Lama Ekstraksi Terhadap Kualitas Gelatin Tulang Ikan Patin (Pangasius Hypophthalmus) Dengan Proses Asam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelatin merupakan produk protein yang dihasilkan melalui hidrolisis lanjutan serat kolagen hewan. Penggunaan gelatin yang luas pada berbagai industri membuat kebutuhan gelatin menjadi tinggi. Bahan gelatin yang masih mengandalkan bahan baku dari hewan rumenansia dan babi, membuat gelatin dipertanyakan akan keamanan dan kehalalannya. Hal inilah yang mendasari perlunya mencari alternatif gelatin yang memiliki kualitas serupa dengan gelatin konvensional serta menjamin keamanan pangan dan kehalalannya. Salah satu alternatif bahan baku yang terjamin keamanannya dan kehalalannya adalah tulang ikan patin. Tulang ikan patin selama ini masih menjadi limbah dan belum termanfaatkan dengan baik. Penelitian dengan menggunakan tulang patin sebagai bahan baku gelatin telah banyak dilakukan namun optimasi pembuatan gelatin dengan perlakuan lama ekstraksi yang berbeda belum dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama ekstraksi yang berbeda dalam menghasilkan gelatin tulang ikan patin dengan kualitas terbaik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juli 2019 di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan tiga perlakuan yaitu lama waktu ekstraksi 5 jam, 6 jam, dan 7 jam dengan 6 kali pengulangan. Gelatin yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis proksimat (kadar protein, kadar air, kadar lemak, dan kadar abu), viskositas, kekuatan gel, dan analisis profil asam amino. Uji statistika menggunakan uji ANOVA dengan taraf nyata 5%, hasil berbeda nyata kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Hasil penelitian menunjukkan lama ekstraksi berpengaruh terhadap kualitas gelatin yaitu rendemen, kekuatan gel, pH, viskositas, kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu dan profil asam amino. Gelatin tulang ikan patin terbaik didapatkan padar lama ekstraksi 7 jam dengan hasil sebagai berikut rendemen sebesar 5,33%, kekuatan gel 173,3 bloom, viskositas 4,05 cP, pH 5,54, kadar protein 76,42%, kadar lemak 1,84%, kadar air 7,37% dan kadar abu 7,63%. Hasil uji profil asam amino didapatkan hasil tertinggi glisin 19,95% dan terendah L-tirosin 0,37%. Saran dalam penelitian ini proses pretreatment perlu menggunakan shaker agar proses demineralisasi optimal serta perlu pengujian mineral lebih lanjut untuk keamanan pangan dan perlu adanya penyaringan bertahap untuk mendapatkan gelatin yang lebih murni.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/900/051911148
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:34
Last Modified: 21 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177309
[thumbnail of ABDI NUGROHO (2).pdf]
Preview
Text
ABDI NUGROHO (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item