Pengaruh E- Marketing Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Di Ayam Goreng Nelongso, Kota Malang.

Sulistia, Ika (2019) Pengaruh E- Marketing Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Di Ayam Goreng Nelongso, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Para pelaku bisnis banyak memanfaatkan penjualan dengan menggunakan teknologi internet sebagai alat yang mampu memperkuat bisnisnya agar masuk ke pasar. Melalui internet, segala bentuk pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2017 sebanyak 143,26 juta orang. Ayam Goreng Nelongso merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner pada tahun 2013. Saat ini Ayam Goreng Nelongso memiliki 36 outlet yang tersebar di 10 kota antara lain Malang, Batu, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Surabaya, Bandung, Gresik, Kediri, Yogyakarta dan Jakarta. Salah satu cara yang digunakan Ayam Goreng Nelongso yaitu dengan menggunakan E-markerting yaitu melakukan penjualan dengan meningkatkan promosi di media sosial instagram. Ayam Goreng Nelongso mempunyai akun instagram dengan follower pada bulan Desember 2018 sebanyak 29.000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan pengaruh e-marketing melaluiviii instagram terhadap meningkatnya keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober – 31 Oktober 2018 melalui website secara virtual (online) akun Ayam Goreng Nelongso. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei yaitu menggunakan alat bantu kuesioner yang dikirimkan melalui direct message instagram @ayamnelongso dan dijadikan sebagai data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur dan catatan perusahaan tersebut. Penentuan sampel pada penelitian ini yaotu menggunakan metode accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan dan kemudian dilanjutkan purposive sampling dengan pengambilan sampel secara sengaja dengan kriteria tertentu yaitu konsumen yang membeli di Ayam Goreng Nelongso minimal 1 kali dan menjadi follower aktif di akun instagram @ayamnelongso yang berusia 15-40 tahun dan sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Data dianalisis menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian tentang karakteristik konsumen di Ayam Goreng Nelongso melalui instagram @ayamnelongso adalah 10% berusia <19 tahun, 17% berusia >24 tahun dan 73% berusia 19-24 tahun, berjenis kelamin perempuan 55% dan laki-laki 45%, konsumen yang berpendidikan SD/sederajat 0%, SMP/sederajat 1%, SMA/Sederajat 44%, Akademi/sederajat 12% dan Sarjana/sederajat 43%, yang bekerja sebagai PNS 2%, ibu rumah tangga 4%, wiraswasta 6%, karyawan swasta 40% dan pelajar/mahasiswa 48%, sehingga besarnya pendapatan dapat dikelompokan < Rp 500.000 45%, Rp 500.000 – 1.000.000 19%, Rp.1.000.000- 1.500.000 6%, Rp 1.500.000 – 2.000.000 9% dan > Rpix 2.000.000 21%. Hasil uji analisis faktor keputusan pembelian yang dilakukan menggunakan program SPSS yaitu pada emarketing didapatkan 2 faktor baru yang terbentuk dari 8 variabel sebelumnya yaitu: faktor 1.1 “ kemampuan akses, dan kesesuaian testimoni” sebesar 29,410% dan faktor 1.2 ”update produk dan update promo” sebesar 17,336%, sedangkan untuk media sosial didapatkan 5 faktor baru dari 17 variabel sebelumnya yaitu: faktor 2.1.“poster kreatif, kemenarikan video dan foto” sebesar 32,391%, faktor 2.2. ”sponshorship, menciptakan interaksi dan public figur” sebesar 9,699%, faktor 2.3. ”intensitas menanggapi keluhan, dan menjawab pertanyaan” sebesar 9,103%, faktor 2.4. ”isi pesan dan keunikan logo” sebesar 7,870% dan faktor 2.5. ”struktur pesan dan giveaway” sebesar 6,755%. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa diperoleh 4 faktor yang berpengaruh signifikan yaitu poster kreatif, kemenarikan video,foto, sponshorship, menciptakan interaksi, public figur, intensitas menanggapi keluhan, menjawab pertanyaan, isi pesan dan keunikan logo serta faktor usia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karakteristik konsumen di Ayam Goreng Nelongso kota Malang yang aktif menggunakan media sosial instagram sebagaian besar pelajar perempuan atau mahasiswi dengan pendapatan atau uang saku per bulan < Rp 500.000. Variabel poster kreatif yang ketika bergabung dengan kemenarikan video, foto, dan ciri khas logo secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian dan variabel sponshorship ketika bergabung dengan menciptakan interaksi dan kolaborasi public figur secara bersama – sama juga mempengaruhi keputusan pembelian.Variabel kemampuan akses ketika bergabung dengan efisiensi SDMx dan kesesuaian testimoni secara bersama-sama tidak berpengaruh dengan keputusan pembelian. Saran dalam penelitian ini adalah penelitian yang akan dilakukan selanjutnya diharapkan mampu menambah variabel lain ataupun meneliti media sosial lainnya selain instagram sehingga dapat mengetahui media sosial yang paling efektif yang dapat digunakan sebagai bentuk e-marketing yang baik dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Hal tersebut memungkinkan untuk diteliti oleh peneliti lain supaya dapat lebih menjelaskan dengan lebih baik lagi.

English Abstract

This research was to determine the characteristics of consumers and the influence of e-marketing through Instagram on increasing purchasing decisions. This data collection was conducted on 1st - 31th October, 2018 through Nelongso Fried Chicken’s virtual website. The location of the research was conducted by purposive sampling. The approach was descriptive quantitative. The methods of this research was survey by questionnaire which sent to the Nelongso Fried Chicken consumers through @ayamnelongso instagram’s direct message. The result of questionnaire was used primary data and secondary data was obtained from the literature and company records. Accidental sampling and purposive sampling method was used to choose 100 consumers as respondents. The population in this research were consumers who bought at Nelongso Fried Chicken at least once and became active followers on the @ayamnelongso Instagram account aged 15-40 years. Data were analyzed by factor analysis and multiple linear regression analysis. Result showedvi that consumers characteristic at Nelongso Fried Chicken were represented by female students and income per month was < IDR 500.000. Multiple linear regression analysis showed that creative posters if joined the attractiveness of videos, photos, and logo characteristics together influence the purchasing decision.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/110/051909876
Uncontrolled Keywords: E-commerce, social media, income.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:02
Last Modified: 24 Oct 2021 09:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176260
[thumbnail of IKA SULISTIA (2).pdf] Text
IKA SULISTIA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item