Jasmin, Muhammad Fauzan (2019) Perilaku Konsumtif Otaku Gundam yang Bergabung Pada Komunitas GUNDAMA di Wilayah Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Anime dan manga adalah sebuah subkultur dari budaya populer di Jepang. Anime adalah film animasi khas Jepang. seiring berkembangnya serial anime, muncullah sebutan otaku. Salah satu serial anime yang tayang di Jepang adalah Mobile Suit Gundam. Mulai bertambahnya serial Gundam, para otaku gundam pun ikut bertambah. Otaku gundam yang terus bertambah membuat rilisnya model kit yang berbentuk robot menyerupai gundam yang dikenal sebagai gunpla. otaku gundam yang sangat suka dengan serial anime gundam pun mulai membeli gunpla. dengan bertambahnya serial gundam, jenis gunpla pun ikut bertambah mengikuti seri anime gundam. Bertambahnya jenis gunpla, otaku gundam pun terus membeli gunpla yang membuat mereka berperilaku konsumtif. Di Indonesia otaku gundam memiliki komunitas. Hal ini membuat penulis tertarik apakah otaku gundam yang bergabung pada komunitas akan mempengaruhi perilaku konsumtifnya atau tidak mempengaruhinya. Penulis menjadi tertarik mengangkat rumusan masalah pembentukan perilaku konsumtif otaku gundam yang menjadi anggota komunitas GUNDAMA. Dalam penelitian mengkaji pembentukan perilaku konsumtif otaku gundam yang menjadi anggota komunitas GUNDAMA, peneliti menggunakan teori perilaku konsumtif. Metode yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembentukan perilaku konsumtif pada otaku gundam, khususnya komunitas GUNDAMA tidak berperan banyak dalam mempengaruhi pembentukan perilaku konsumtif otaku gundam. Faktor yang condong dalam pembentukan perilaku konsumtif seorang otaku gundam adalah faktor Motivasi sedangkan aspek yang condong yang menyebabkan perilaku konsumtifnya adalah pembelian yang tidak rasional
Other obstract
アニメと漫画は日本のポップカルチャーの一部である。アニメは日本の特徴の アニメション。アニメが放送しつつオタクという言葉が誕生した。たとえ、機動戦 士ガンダムである。ガンダムのシリーズが次々上がると、グンーオタの数も増える。 グンーオタ数がたくさんになり、株式会社BANDAI がガンダムのレプリカガンプラ というモデルキットが作られた。アニメガンダムが好きグンーオタはガンプラを沢 山買いた。ガンダムのシリーズとともに、ガンプラの種類も増えた。グンーオタも 思わずにガンプラを買った。この現象はグンーオタを消費行動の切っ掛けである。 インドネシアではグンーオタ群集があり、その一つはグンダマである。著者はこの 件についてグンーオタに対するグンダマ群集の影響を研究した。そのため、グンダ マのメンバーにおける消費行動はどんな形であろうと答えようとする。 本研究方法では定性的な記述方法を使用した。消費行動の理論を使用し、グンダ マのメンバーにおける消費行動を研究する。 結果、グンーオタの消費行動に対するグンダマ群集の影響があまり感じられない と証明された。傾向の原因はグンーオタ自身のモチベーションと自分の視点である。 それに、ガンダムを見るだけで、グンーオタは満足感がたりない、沢山ガンプラを 買ってしまう。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/61/051908583 |
Uncontrolled Keywords: | Otaku gundam, gunpla, perilaku konsumtif |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 03:17 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174957 |
![]() |
Text
Muhammad Fauzan Jasmin.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |