Dharmawan, Tommy Bagus (2019) Peran Persepsi Harga Dan Persepsi Nilai Terhadap Intensi Pembelian Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi harga dan persepsi nilai terhadap intensi pembelian online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan sebanyak 150 partisipan. Kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Malang yang pernah melakukan pembelian produk pakaian dan aksesoris di Shopee. Instrument penelitian yang digunakan meliputi skala persepsi harga oleh Samosir & Prayoga, skala persepsi nilai oleh Sweeney & Soutar, dan skala intensi pembelian online oleh Tarwiyanti. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi seperti uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastitas serta menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi multiple regression. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga dan persepsi nilai secara simultan memiliki peran positif signifikan sebesar 28,7% terhadap intensi pembelian online dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Persepsi harga secara partial memiliki peran yang lebih besar terhadap intensi pembelian online sebesar 18,91% dengan nilai signifikansi 0,000 dibanding persepsi nilai sebesar 9,78% dengan nilai signifikansi 0,009.
English Abstract
This study aims to determine the role of price perceptions and value perceptions towards online purchase intentions. This study used a quantitative method involving as many as 150 participants. The criteria for participants in this study were students in Malang who had purchased clothing and accessories products at Shopee. The research instruments used included the scale of perceived price by Samosir & Prayoga, the scale of perceived value by Sweeney & Soutar, and the scale of online purchase intention by Tarwiyanti. Analysis of the data used in this study is a test of assumptions such as normality test, multicolinerity test, and heteroscedastity test and use hypothesis test using multiple regression correlation formula. The results of this study indicate that the perception of price and perceived value simultaneously has a significant positive role of 28.7% of online purchase intentions with a significance value of 0,000. Partial price perception has a greater role for online purchase intentions of 18.91% with a significance value of 0,000 compared to a perceived value of 9.78% with a significance value of 0.009.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/752/051908171 |
Uncontrolled Keywords: | Intensi Pembelian Online, Persepsi Nilai, Persepsi Harga, Online Purchase Intention, Value Perception, Price Perception |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:06 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 08:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174895 |
Text
Tommy Bagus Dharmawan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |