Florencia, Indira Rachel and Dr. Ika Widyarini, MLHR, Psikolog (2019) Peran Persepsi Risiko Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediator Terhadap Intensi Pembelian Kosmetik Online Di Shopee. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi risiko terhadap intensi pembelian online dengan kepercayaan konsumen sebaga mediator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan sebanyak 179 partisipan. Kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Malang yang pernah melakukan pembelian produk kosmetik di Shopee. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi skala persepsi risiko Naiyi, skala kepercayaan konsumen Geven & Straub, dan skala intensi pembelian online Tarwiyanti. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi seperti uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastitas serta menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki peran negative yang signifikan terhadap intensi pembelian online, persepsi risiko juga memiliki peran negative yang signifikan terhadap kepercayaan konsumen, namun kepercayaan konsumen memiliki peran positif dan signifikan terhadap intensi pembelian online, dan hasil yang terakhir adalah kepercayaan konsumen dapat memediasi persepsi risiko terhadap intensi pembelian online.
English Abstract
This study aims to determine the role of risk perception of online purchase intentions with consumer trust as a mediator. Research with this quantitative approach involved 179 subjects with purposive sampling technique. The criteria for participants in this study were college students in Malang who had purchased cosmetic products at Shopee. The research instruments uses included the risk perception scale from Naiyi, the consumer trust scale from Geven & Straub, and the online purchase intention scale from Tarwiyanti. Analysis of the data used in this study is a test of assumptions such as normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test and using path analysis. The result of this study indicate that risk perceptions have a significant negative role on online purchasing intension, risk perception also have a significant negative role on consumer trust, but consumer trust have a significant positive role in online purchasing intension, and the last result is consumer trust can mediate the perception of risk towards online purchase intentions.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/903/051908321 |
Uncontrolled Keywords: | Intensi pembelian online, kepercayaan konsumen, persepsi risiko. Online purchase intention, consumer trust, risk perception |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:05 |
Last Modified: | 19 May 2022 03:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174747 |
Text
Indira Rachel Florencia (2).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |