Chandana, Michelin Oktavia (2019) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Energi Terbarukan Pada Masyarakat di Dusun Sempur, Mojokerto Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia memiliki potensi yang cukup untuk penggunaan energi terbarukan. Salah satu wilayah yang memiliki potensi serta telah menggunakan energi terbarukan pada Dusun Sempur yang berlokasi di Desa Seloliman, Mojokerto, Jawa Timur. Adanya potensi harus dapat digunakan dengan baik. Potensi dalam penggunaan energi terbarukan dapat berkaitan dengan perilaku konsumen serta keputusan pembelian. Perilaku konsumen memiliki faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya keputusan pembelian. Maka pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh dari perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian dari energi terbarukan di Dusun Sempur, Desa Seloliman, Mojokerto, Jawa Timur. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksplanatif serta paradigma positivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui penyebaran kuisioner secara langsung kepada 53 sampel penelitian. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah pengetahuan konsumen, kepercayaan konsumen, kesadaran lingkungan, kepribadian, harga produk. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini bahwa variabel pengetahuan konsumen serta harga produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kepercayaan konsumen, kesadaran lingkungan, serta kepribadian tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hubungan dari setiap variabel independen dengan variabel dependen sebesar 36.4%.
English Abstract
Indonesia has sufficient potential for the used of renewable energy. One area that has potential and had used renewable energy is in Sempur Hamlet, located in Seloliman Village, Mojokerto, East Java. The potential must be used properly. The potential for used renewable energy can be related to consumer behavior and purchasing decisions. Consumer behavior has factors that can influence the occurrence of purchasing decisions. So in this studied the purposed is to knew and analyzed the influence of consumer behavior on purchasing decisions from renewable energy in Sempur Hamlet, Seloliman Village, Mojokerto, East Java. This research is a quantitative type with explanative methods and positivist paradigms. Data collection technique which used is through distributing questionnaires directly to the research sample. The independent variables which used in this studied are consumer knowledge, consumer trust, environmental awareness, personality, product prices. The dependent variable is a purchasing decision. The results of this study that variable consumer knowledge and product priced had a positive effect on purchasing decisions. While the variables of consumer confidence, environmental awareness, and personality didn’t have a positive effect on purchasing decisions. The relationship of each independent variable with the dependent variable is 36.4%.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/826/051908244 |
Uncontrolled Keywords: | energi terbarukan, perilaku konsumen, keputusan pembelian, renewable energy, consumer behavior, purchasing decisions |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 03:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 04:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174466 |
Actions (login required)
View Item |