Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Pengaruh BTS Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone LG G7+ ThinQ)

Iriani, Rahma Pandita (2019) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Pengaruh BTS Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone LG G7+ ThinQ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) merupakan salah satu teori persuasi yang menjelaskan bagaimana individu memproses sebuah pesan dan bagaimana perubahan sikap yang timbul setelah memproses pesan tersebut. Terdapat 2 rute dasar dalam teori ELM untuk menjelaskan proses pengolahan pesan individu, yaitu rute sentral dan rute periferal. Celebrity endorser merupakan setiap individu yang mendapatkan perhatian publik dan mengambil keuntungan dari perhatian publik tersebut dengan muncul dalam iklan untuk mempromosikan produk (McCracken dikutip dari Sertoglu, Catli & Korkmaz, 2014). Celebrity Endorser banyak digunakan dalam iklan untuk mempersuasi konsumen agar melakukan pembelian pada produk yang diiklankan. Dalam penelitian ini, teori Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menjelaskan pengaruh celebrity endorser dalam iklan yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan) terhadap keputusan pembelian produk smartphone LG G7+ ThinQ oleh konsumen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan survey sebagai teknik pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah 100 orang pengikut akun twitter resmi yang dimiliki oleh LG Mobile Indonesia yaitu @lgmobileid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen baik dalam rute sentral dan rute periferal. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) berpengaruh positif secara terpisah terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen (Y) dengan pengaruh dalam rute sentral (X1) lebih dominan. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) dapat diketahui bahwa kedua variabel pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) berpengaruh positif secara bersamaan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Angka koefisien determinansi (adjusted R2) sebesar 0,58 menunjukkan bahwa 58% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) sedangkan 42% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

The Elaboration Likelihood Model (ELM) theory is one of the persuasion theories that explains how individuals processing a message and how changes in attitude arise after processing the message. There are two basic routes in ELM that explain the message processing, they are the central route and peripheral route. Celebrity endorsers are individuals who get public attention and take the advantages of that by appearing in advertisements for promoting products (McCracken quoted from Sertoglu, Catli & Korkmaz, 2014). Celebrity Endorsers are widely used in advertisements for influencing consumers to make purchases on the advertised product. In this research, the Elaboration Likelihood Model theory was used to explain the influence of celebrity endorsers such as BTS (Bangtan Sonyeondan) in advertisements towards consumers purchase decisions on LG G7 + ThinQ smartphones. This research used quantitative research method with positivistic approach. This is an explanatory research with survey as a technique to collecting the data. Total of 100 @lgmobileid twitter account followers were used as participants in this research. The data analysis technique used in this research was linear regression analysis that serves to prove the research hypothesis. Based on the results, it can be found that celebrity endorser has a positive influence on consumer purchase decisions in both the central route and peripheral route. The results of partial hypothesis testing (t test) showed that the two independent variables, namely the influence of celebrity endorser in the central route (X1) and peripheral routes (X2) has separately positive influence on the dependent variable, namely consumer purchasing decisions (Y) with the influences in central route (X1) is more dominant. From the results of simultaneous hypothesis testing (F test), it can be found that both the celebrity endorser influence in the central route (X1) and peripheral routes (X2) variable has positive influence simultaneously on the consumer purchase decisions (Y). The determinant coefficient (adjusted R2) is 0.58 indicated that 58% of the purchase decision variable will be influenced by the variables of celebrity endorser influence in the central route (X1) and peripheral route (X2) while the remaining 42% are influenced by other variables that not discussed in this research.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/823/051908241
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Elaboration Likelihood Model, Celebrity Endorser, Purchase Decision
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:04
Last Modified: 18 Aug 2020 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174452
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item