Rosiarto, Amanda Dhiyantasya (2019) Pengaruh Pengalaman Berkunjung terhadap Perilaku Minat Pengunjung pada Objek Wisata Taman Bunga Selecta Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri pariwisata mempunyai sifat yang berkaitan erat dengan pengalaman. Pariwisata mampu menciptakan pengalaman yang unik, bermuatan emosional, dan berkesan dalam ingatan pribadi seseorang. Ciri khas dan keunikan dari suatu objek wisata merupakan salah satu faktor penentu pengunjung dalam mengambil keputusan untuk berperilaku, sehingga perusahaan dapat menciptakan inovasi yang tepat, agar tempat wisata tersebut terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Hal ini dikarenakan manusia memiliki sifat dasar extraversion yang dapat dipengaruhi oleh adanya perubahan diri, variasi dalam hidup, dan kecenderungan mudah bosan. Taman Rekreasi Selecta merupakan salah satu tempat wisata yang menerapkan strategi pengalaman melalui inovasi produk khususnya pada area taman bunga, agar dapat meningkatkan perilaku minat pengunjung untuk tetap tertarik melakukan kunjungan ulang, ataupun melakukan rekomendasi dan promosi yang dapat mendatangkan pengunjung baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masing-masing strategi pengalaman berkunjung yang diterapkan PT Selecta, yakni experience dimensions (entertainment dan esthetic) dan experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) melalui inovasi produk produk pada taman bunga Selecta, terhadap perilaku minat pengunjung (revisit, recommendation, dan promote). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, serta statistik inferensial dengan analisis SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 100 responden dengan menggunakan metode quota sampling, dimana penentuan klasifikasi populasi dibedakan berdasarkan waktu kunjungan, yakni masyrakat yang berkunjung pada hari kerja dan pada akhir pekan. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata indikator melalui tanggapan responden yang berkunjung pada akhir pekan, yakni experience dimensions (4,33), experiential marketing (3,90), dan tourist intentions behavior (3,80), sedangkan nilai tanggapan responden yang berkunjung pada hari kerja, yakni experience dimensions (3,81), experiential marketing (3,56), dan tourist intentions behavior (3,54). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa responden merasakan pengalaman berkunjung dan memiliki perilaku minat yang lebih baik, ketika berkunjung ke taman bunga Selecta pada akhir pekan dibandingkan berkunjung pada hari kerja. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa pada variabel experience dimensions, faktor terbesar yang dapat mempengaruhi perilaku minat pengunjung adalah indikator entertainment dengan nilai sebesar 0,945. Pada variabel experiential marketing, indikator think dengan nilai sebesar 0,858 merupakan faktor terbesar yang dapat mempengaruhi perilaku minat pengunjung. Pada variabel tourist intentions behavior, perilaku minat untuk merekomendasikan merupakan indikator terbesar yang dipilih responden, dengan nilai sebesar 0,904. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ii startegi experiential marketing melalui inovasi produk yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku minat pengunjung, yakni dengan nilai t-statistic sebesar 3,916 dan P-value sebesar 0,000, sedangkan strategi experience dimensions tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t-statistic sebesar 0,917 dan P-value sebesar 0,360. Hal ini dikarenakan pengunjung tidak terlalu memperhatikan perubahan pada tema taman bunga sebagai alasan dalam mengambil keputusan untuk melakukan kunjungan ulang, merekomendasi, maupun melakukan promosi. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan inovasi produk agar dapat menciptakan dimensi pengalaman yang lebih menarik perhatian pengunjung, sehingga dapat berpengaruh terhadap perilaku minat pengunjung, yang juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada objek wisata taman bunga Selecta, Kota Batu.
English Abstract
The tourism industry has properties that are closely related to experience. Tourism is able to create unique experience, emotionally contain, and memorable experiences in personal. The distinctive features and uniqueness of a tourist attraction is one of the determinants of visitors in making decisions to behave, so the companies must create the right innovation, so that the tourist attractions can be look more attractive and not boring. This is because humans have the nature of extraversion which can be influenced by self changes, variations in life, and tendencies to get bored easily. Selecta Recreation Park is one of the tourist attractions that applied the experience strategies through product innovation, especially in the flower garden area, to increase the tourist intentions behavior to remain interested in revisiting, or making recommendations and promotions that can bring in new visitors. The purpose of this research is to analyze the effect of each the visiting experience strategies that applied by PT Selecta, there are experience dimensions (entertainment and esthetic) and experiential marketing (sense, feel, think, act, and relate) through product innovation in the Selecta flower garden, towards the tourist intentions behavior (revisit, recommendation, and promote). The method of data analysis in this research used descriptive statistical analysis, and inferential statistics with SEM-PLS analysis through the application of Smart PLS 3.0. The number of samples used in this study were 100 respondents by using the quota sampling method, where the determination of population classification was distinguished based on the time of the visit, that are the people who visited on weekdays and on weekends. The results of the descriptive statistical analysis show that the average value of the indicator is through the responses of respondents visiting at the weekend, that are experience dimensions (4,33), experiential marketing (3,90), and tourist intentions behavior (3,80), while the response value respondents who visited workdays, that are experience dimensions (3,81), experiential marketing (3,56), and tourist intentions behavior (3,54). Therefore, it can be concluded that respondents has a better visiting experiences and intentions behavior, when they visiting the Selecta flower garden on weekends than visiting on weekdays. The results of the inferential statistical analysis show that in experience dimensions, the biggest factor that can influence the behavior of visitor interest is entertainment indicators with a value of 0,945. In experiential marketing variables, think indicators with a value of 0,858 are the biggest factors that can influence visitor interest behavior. In the tourist intentions behavior variable, interest behavior to recommend is the biggest indicator chosen by respondents, with a value of 0,904. In addition, the results of this study indicate that only experiential marketing strategies through product innovation have a significant effect on visitor interest behavior, on t-statistic value of 3,916 and P-value of 0,000, while experience dimensions strategy has no significant effect on t-statistic iv value of 0,917 and P-value of 0,360. This is because visitors do not pay too much attention to changes in the theme of the flower garden as an excuse to make decisions to revisiting, recommend, and promotions. Therefore, it is necessary to develop product innovation in order to create a dimension of experience that more attracts the attention of visitors, so that it can influence the tourist intentions behavior, which is also can increase the number of visitors on the Selecta flower garden attractions, Batu City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/61/051906723 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |