Key Factors Influencing Sharia Residential Purchase Intention Among Indonesian Customers (Study of Indonesian Customers in Malang Raya and Surabaya City)

Perkasa, Tirta (2019) Key Factors Influencing Sharia Residential Purchase Intention Among Indonesian Customers (Study of Indonesian Customers in Malang Raya and Surabaya City). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor yang menciptakan intensi membeli perumahan syariah (2) menjelaskan pengaruh dari fitur rumah, ruang pribadi, pengaruh jarak, pengaruh lingkungan, pengaruh keuangan, pengaruh pisikologis, dan pemenuhan syariah secara parsial and simultan terhadap intensi membeli perumahan syariah. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari fitur rumah, ruang pribadi, pengaruh jarak, pengaruh lingkungan, pengaruh keuangan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, dan intensi membeli. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah membeli rumah syariah yang berlokasi di Malang raya dan Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara tidak langsung (online) dan langsung kepada 116 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisa faktor, regresi liniar berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) fitur rumah, ruang pribadi dan keuangan, jarak dan lingkungan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, ukuran dapur, keamanan umum menciptakan intensi membeli (2) fitur rumah, ruang pribadi dan keuangan, jarak dan lingkungan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, ukuran dapur, keamanan umum secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli, dan (3) fitur rumah, ruang pribadi dan keuangan, jarak dan lingkungan, pengaruh pisikologis, pemenuhan syariah, ukuran dapur secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi membeli (4) keamanan umum secara parsial memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap intensi membeli. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya pengembang dapat menciptakan strategi pemasaran yang memiliki pertimbangan berdasarkan aspek fitur rumah, ruang pribadi, pengaruh jarak, pengaruh lingkungan, pengaruh keuangan, pengaruh pisikologis, dan pemenuhan syariah.

English Abstract

This research aimed to (1) identify what factors create sharia residential purchase intention (2) explain the influences of house features, private living space, distance influences, environtmental influences, financial influences, physicological influences, and sharia compliance partially and simultaneously on sharia residential purchase intention. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The variables of the research are house features, private living space, distance influences, environtmental influences, financial influences, physicological influences, sharia compliance, and purchase intention. The criteria of population in this research are customers of sharia residential in Malang raya and Surabaya City that had bought sharia house. The sampling technique for this research used purposive sampling and the data collection method by distributed questionnaire indirectly (online) and directly to 116 respondents according to population criteria. Data analysis used descriptive analysis, factor analysis, and multiple linear regression. The results showed that (1) house features, private living space and financial, distance and environtmental, physicological influences, sharia compliance, kitchen size, and general security created purchase intention (2) house features, private living space and financial, distance and environtmen, psychological influences, sharia compliance, kitchen size, and general security simultaneously have significant influence on purchase intention, and (3) house features, private living space and financial, distance and environtmental, physicological influences, sharia compliance, kitchen size partially have significant influence on purchase intention (4) general security partially have no significant influence on purchase intention. Based on the results of this research, it would be better if the developers in Malang Raya and Surabaya create marketing strategy that considering house features, private living space and financial, distance and environtmental, physicological influences, sharia compliance, kitchen size, general security.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/289/051906237
Uncontrolled Keywords: Syariah, Perumahan, Indonesia, Intensin Membeli, Analisa Faktor-Sharia, Residential, Indonesia, Purchase Intention, Factor Analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Nov 2020 17:05
Last Modified: 21 Oct 2021 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172012
[thumbnail of Tirta Perkasa.pdf]
Preview
Text
Tirta Perkasa.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item