Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa/I Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Malang)

Wulandari, Hanna Naufia (2019) Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa/I Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh antar variabel satu dengan variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini, digunakan sampel sebanyak 180 responden. Responden tersebut merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian menggunakan Aplikasi Shopee. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling. Uji hipotesis pada penelitian ini melalui analisis nilai t-statistic. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS (The Statistic Package For Social Sciences) dan dibantu dengan software SPSS 21. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lima variabel Bauran Komunikasi Pemasaran yang memiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian yaitu Advertising, Sales Promotion, Event & Experience, Mobile Marketing¸ Direct & Database Marketing dan Personal Selling. Pada kedelapan variabel memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi Shopee.

English Abstract

This research aims to determine the influence of marketing communication mix on purchase decision using Shopee app. This explanatory research explains relationship among variables and influence of variables to other ones through hypotesis testing. Using non-probability sampling method, 180 people who have made purchases using Shopee app were selected as the respondents. The data of this study was analyzed in SPSS 21, and the hypotheses were assessed t test. The result of this research indicate that there are six variables that have partial effects on purchasing decision; they are advertising, sales promotion, event & experience, public relation & publicity, online & social media marketing, mobile marketing, direct & database marketing, and personal selling. The eight variables have a simultaneous effect on purchase decision using Shopee app.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/247/051903642
Uncontrolled Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian / marketing communication mix, purchae decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations > 658.812 028 5 Customer relations--Computer programs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:22
Last Modified: 15 Mar 2023 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170237
[thumbnail of Hanna Naufia Wulandari.pdf] Text
Hanna Naufia Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item