Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Permintaan Jasa Ojek Online Berbasis Syariah (Studi Pada Mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Purwasono, Lakshita Dwita (2019) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Permintaan Jasa Ojek Online Berbasis Syariah (Studi Pada Mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjrktif, dan kontrol perilaku terhadp permintaan jasa ojek online berbasis syariah. Penelitian ini berdasarkan pada teori perilaku terencana oleh Ajzen dengan memilih sampel penelitian sebanyak 84 respoden mahasiswi S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang sudah mengetahui tentang pola perilaku konsumsi yang sesuai dengan syariat Islam. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis dengan teknik Analisis Regresi Linear Berganda dari SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan permintaan jasa ojek online berbasis syariah. Sedangkan untuk norma subjektif dan kontrol perilaku memiliki pengaruh terhadap keputusan permintaan jasa ojek online berbasis syariah. Sedangkan norma subjektif merupakan seberapa besar konsumen dipengaruhi oleh orang-orang diseitarnya dan faktor tersebut memiliki pengaruh paling besar.

English Abstract

This study aims to determine the effect of attitudes, subjective norms, and behavioral control on requests for sharia-based online motorcycle taxi services. This research is based on the Theory of Planned Behavior by Ajzen, administered to 84 respondents of undergraduate students majoring in Islamic Economics at the Faculty of Brawijaya Malang. The samples are supposed to have understood the consumer behavior pattern conforming to Islamic Sharia. The data are collected through Likert scale and analyzed using multiple regression analysis from SPSS-16. The result of the analysis shows that the behavior does not influence the consumers’ decision to requests for sharia-based online motorcycle taxi service; meanwhile, both subjective norm and behavior control affect the consumer behavior in requesting such services. Subjective norm, i.e. the extent to which an individual is influenced by the surrounding people, is the most significant factor in this case.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/218/051903592
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumsi Islam, Teori Perilaku Terencana, Ojek Online Syariah, Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda/ Islamic Consumption Behavior; Theory of Planned Behavior; Sharia-based Online Motorcycle Taxi Service; Classic Assumption; Multiple Linear Regression
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:44
Last Modified: 05 Sep 2019 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170127
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item