Evaluasi Pelaksanaan Program One Village One Product, Studi Kasus Produk Olahan Apel di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Putri, Ilfi Fitria Arfaini Widya (2019) Evaluasi Pelaksanaan Program One Village One Product, Studi Kasus Produk Olahan Apel di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

One village one product merupakan sebuah program nasional yang dibentuk oleh Kementerian Perindustrian. akan tetapi dalam penerapannya program ini masih banyak helum diterapkan di berbagai daerah. Salah satu daerah yang masuk dalam sentra binaan OVOP yang dinaungi oleh Kementerian Perindustrian adalah Desa Bumiaji Kota Batu Provinsi Jawa Timur dengan produk olahan apel. Akan tetapi produksi Apel sendiri di Kota Batu mengalami penurunan baik dari segi berkurangnya lahan maupun kualitas dari apel itu sendiri, sehingga hal tersebut menghambat berjalannnya program OVOP di Desa Bumiaji Kota Batu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengkaji mengenai hasil evaluasi dari diterapkannya program one village one product di Desa Bumiaji Kota Batu dengan menggunakan teori evaluasi dari Willian N Dunn. Teori Wiliam Dunn mengatakan hahwasannya evaluasi mempunyai dua posisi yaitu sebagai alat dan tujuan, akan tetapi hal tersehut tidak sejalan dengan temuan dilapangan dimana program OVOP tidak memakai evaluasi dalam menghasilkan penilaian terhadap apa yang tclah dicapai dan juga tidak diajdikan sarana untuk membuat rekornendasi. Program OVOP di Desa Bumiaji melibatkan beberapa pihak yaitu Kementerian Perindustrian sebagai pembuat kebijakan dan dalam penerapan programnya bekerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu, Home Industry yang ada di Bumiaji dan Masyarakat Desa Bumiaji. Dari dilaksanakannya program ini, Penulis menemukan bahwasannya faktor utama yang menghambat efektifnya program ini adalah kurangnya peran pemerintah dalam mensukseskan program ini sehingga terjadi beberapa ketidaksinamhungan antara kebijakan/program dan praktik di lapangan,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/223/051902595
Uncontrolled Keywords: One Village One Product, Produk Apel, Kinerja Pernerintah.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.35 Spesific food from plant crops
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jul 2020 05:33
Last Modified: 04 Aug 2020 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169775
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item