Analisis Diskriminan Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Situs Belanja Baju Online

Rahmawati, Bella Nur (2018) Analisis Diskriminan Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Situs Belanja Baju Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan era globalisasi informasi saat ini banyak ditandai dengan berbagai macam perubahan, salah satunya dalam bidang teknologi informasi yaitu internet. Sebagian besar produsen menjadikan media internet sebagai strategi untuk memasarkan produk, proses jual beli melalui internet sering disebut dengan e-commerce. Saat ini semakin banyak situs belanja online di Indonesia, tetapi yang terpopuler dan banyak diminati oleh masyarakat adalah Shopee, Lazada, dan Zalora terutama produk baju. Ketiga situs belanja online tersebut digunakan sebagai variabel dependen. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA UB yang pernah membeli baju online (Shopee/Lazada/Zalora) dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah quota sampling dengan sebanyak 100 responden. Sebelum konsumen memutuskan untuk memilih situs belanja baju online ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen yaitu kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan yaitu analisis diskriminan ganda dikarenakan terdapat tiga kategori yang bertujuan untuk membentuk fungsi diskriminan, mengetahui variabel pembeda terkuat dalam pemilihan situs belanja baju online dan untuk memperoleh tingkat ketepatan hasil klasifikasi dari fungsi diskriminan yang terbentuk. Berdasarkan hasil analisis diskriminan yang menjadi variabel pembeda terkuat dalam pemilihan situs belanja online yaitu variabel kepercayaan dengan ketepatan hasil klasifikasi sebesar 64%.

English Abstract

The development of information in globalization era today is marked by many kind of changes, one of them in the field of information technology is the internet. Most of the manufacturers use the internet media as a strategy to market the product, the process of buying and selling by internet is often named as e-commerce. Today there are many online shop site in Indonesia, but the most popular and much in demand by many people are Shopee, Lazada, and Zalora especially in the clothing products. These three online shopping site are used as the dependent variable. Respondent in this research are UB’s FMIPA students who have bought clothes by online (Shopee/Lazada/Zalora) in the last one month. The sampling technique used in thia observation is quota sampling with 100 respondents. Before consumers decide to choose an online clothing shopping site there are several factors which can become costumers consideration such as trust, ease of use and price. In this research the analysis used is double discriminant analysis because there are three categories that aims to form a discriminant function, determine the strongest differentiator variables in the selection of online clothes shopping site and to obtain the level of accuracy of the classification results of the discriminant function formed. Based on the result of discriminant analysis which become the strongest distinguishing variables in the selection of online clothes shopping site are trust variable with accuracy of result of classification equal to 64%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/193/051805765
Uncontrolled Keywords: Analisis Diskriminan Ganda, Situs Belanja Online, Quota Sampling Multiple Discriminant Analysis, Online Shop Site, Quota Sampling
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:31
Last Modified: 18 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168638
[thumbnail of Bella Nur Rahmawati (2).pdf]
Preview
Text
Bella Nur Rahmawati (2).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item