Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Warppls Pada Minat Belanja Online Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya

Ishmah, Hazrina (2018) Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Warppls Pada Minat Belanja Online Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS adalah analisis dependensi multivariat yang menganalisis beberapa variabel secara simultan. Analisis SEM dengan WarpPLS dapat melihat hubungan antar variabel dan untuk melihat apakah variabel eksogen berpengaruh pada variabel endogen. Penelitian ini berdasarkan Theory of Reasoned Action (TRA) yang dikembangkan oleh Ajzen dan Fishben pada tahun 1975. Setelah itu teori tersebut dikembangkan lagi menjadi 2 teori, yaitu Theory of Planned Behaviour (TPB) dan Technological Acceptance Model (TAM). Berdasarkan kedua teori tersebut dilakukan integrasi untuk membuat diagram jalur pada penitian ini. Penelitian ini dilakukan di FMIPA Universitas Brawijaya dengan sampel mahasiswa S1 aktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bagaimana penerapan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku belanja online dan variable apa yang paling berpengaruh pada model. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperolehdari kuisioner yang disebar kepada mahasiswa S1 aktif Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengambil 310 sampel mahasiswa S1 aktif Universitas Brawijaya. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah variabel niat perilaku dengan nilai sebesar 72,2 % mempengaruhi variabel perilaku belanja online.

English Abstract

Analysis of Structural Equation Modeling (SEM) with WarpPLS approach is multivariate dependency analysis which analyze several variables simultaneously. SEM analysis with WarpPLS can look at relationships between variables and to see if exogenous variables affect endogenous variables. This study was based on Theory of Reasoned Action (TRA) developed by Ajzen and Fishben in 1975. After that the theory was developed again into 2 theories, namely Theory of Planned Behavior (TPB) and Technological Acceptance Model (TAM). Based on these two theories are carried out the integration to create the path diagram of this penitian. This research was conducted in UB Fact of Mathematics and Natural Sciences with a sample of active S1 students. This study aims to see how the application of Structural Equation Modeling (SEM) with the WarpPLS approach, what factors influence online shopping behavior and what variables affect the model most. This study uses primary data obtained from questionnaires distributed to UB's active S1 students. This research take 310 sample of active S1 student of Universitas Brawijaya. This study obtained the result that the most influential variables are behavioral intention variable with a value of 72.2% affect the variable of online shopping behavior.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/270/051807030
Uncontrolled Keywords: Belanja Online, SEM, WarpPLS, Online shopping, SEM, WarpPLS
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:58
Last Modified: 22 Oct 2021 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168384
[thumbnail of HAZRINA ISHMAH.pdf]
Preview
Text
HAZRINA ISHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item