Komparasi Sistem Self-Service Dan Full-Service Pada Keputusan Beli Konsumen Bakso Di Kota Malang

Kurniawan, Muzaki (2018) Komparasi Sistem Self-Service Dan Full-Service Pada Keputusan Beli Konsumen Bakso Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengusaha yang menjual daging sapi olahan di Malang cukup banyak sehingga menimbulkan persaingan yang ketat bagi rumah makan Bakso Kota Cak Man dan Bakso Solo Kidul Pasar. Persaingan yang timbul menyebabkan perlunya strategi penjualan agar produknya dapat terjual dan pelanggan tetap setia di rumah makan tersebut. Strategi penjuaalan tersebut yaitu dengan mengevaluasi kualitas pelayanannya, sehingga dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan konsumen dapat merasakan kepuasan akan pelayanan yang telah diberikan, dengan demikian konsumen akan dapat menentukan keputusan beli mereka dan ingin kembali untuk melakukan pembelian di produk rumah makan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada 15 Januari 2018 – 4 Februari 2018 di Bakso Kota Cak Man yang berada di Ruko Grand Soekarno Hatta 25-26 Jalan Soekarbo Hatta, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang dan Bakso Solo Kidul Pasar yang berlokasi di Jl. A, Yani No. 57, Purwodadi, Blimbing Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan beli konsumen, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan beli konsumen bakso dan untuk mengetahui karakteristik konsumen bakso. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling dan purposive sampling. Metode accidental sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan konsumen yang dijumpai secara tidak sengaja/acak di Bakso Kota Cak Man dan Bakso Solo Kidul Pasar yang didasarkan pada kriteria tertentu. Kriteria koresponden yang dimaksud dicari berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representative. Pertimbangan yang ditentukan dalam Teknik purposive sampling adalah responden berumur 17 tahun – dewasa dengan total 150 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan analisis faktor dan regresi pada variabel bebas yakni berupa indeks 1 “Pelayanan yang Tepat dan Konsistensi Karyawan”, indeks 2 “Daya Tanggap Karyawan”, Indeks 3 Perhatian dan Melayani Konsumen, Indeks 4 Profesionalisme Karyawan, Kebersihan dan Media Komunikasi, indeks 5 “Merespon Konsumen dan Hubungan Komunikasi”, indeks 6 “Informasi dan Reputasi Perusahaan”, indeks 7 “Keramahan Karyawan dan Kepuasan Konsumen”, dan indeks 8 “Fasilitas dan Penampilan Karyawan” secara bersama-sama terhadap variabel terikat keputusan beli konsumen berpengaruh dengan nilai R square 0,434, atau nilai sebesar 43,4% pada Bakso Kota Cak Man (self-service). Sedangkan pada full-service Indeks 1 “Karyawan melayani dan menyelesaikan masalah”, indeks 2 “Kemampuan pelayan dalam melayani”, indeks 3 “Profesionalisme karyawan dan media komunikasi”, indeks 4 “Merespon konsumen dan hubungan komunikasi”, indeks 5 “Fasilitas dan keamanan produk”, indeks 6 “Penampilan dan keramahan pelayan”, indeks 7 “Kejelasan informasi dan reputasi perusahaan”, indeks 8 “Perhatian dan memahami kebutuhan konsumen”, indeks 9 “Tanggap dan menjaga kepuasan konsumen”. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa full-service pada Bakso Solo Kidul Pasar keputusan beli konsumen dipengaruhi oleh kualitas jasa pelayanan sebesar 75,5%. Dan dipengaruhi oleh variabel lain. Keputusan beli konsumen dapat dijelaskan oleh usia, pekerjaan, merespon konsumen dan komunikasi; dan fasilitas dan penampilan karyawan. Dapat disimpulkan bahwa konsumen pada Bakso Solo Kidul Pasar (full-service) adalah perempuan usia 18-25 tahun yang didominasi oleh pendidikan terakhir SMA dan pekerjaan mahasiswa yang mendapatkan pendapatan perbulan kisaran Rp. 1.000.000,00- Rp. 2.000.000,00,. Sedangkan pada Bakso Kota Cak Man (self-service) konsumen yang didominasi oleh perempuan usia 26-33 tahun dengan pendidikan terakhir SMA dan jenis pekerjan pegawai swasta, yang mendapatkan pendapatan perbulan <Rp.1.000.000,.

English Abstract

Research was conducted at Bakso Solo Kidul Pasar at Ahmad Yani Street No.57 and Bakso Kota Cak Man at Ruko Grand Soekarno Hatta. The aim of this research was to investigate about consumers purchasing decisions toward Malang meatball and their influencing factors. 150 consumers was selected by accidental and purposive sampling. Data collection was carried out from January 15th to February 4th 2018. Primary data were obtained by interview method, whereas secondary data were supplied by meatball restaurant. Factor and multiple regression technique were applied to analyze the data. Results showed that full-service consumers were represented by students aged 18-26 years old with senior high school and IDR 1-2 million of income. However self-service consumers were represented by women 26- 33 years old with senior high school and IDR under 1 million of income. Meatballs restaurant with full-service was preferred by consumers the product. Whereas purchasing decision in meatballs restaurant with self-service based on consumers repeating buying. Meatballs buying decision on full-service was primary influenced consumer’s income and followed by job and index sociability performance and friendly waiter. Index employement response become the dominant factor to increase the meatballs purchasing decision with self-service facility, whereas index appropriate service and commitment from the waiter, index information and reputation of company, index friendly employement and satisfaction consumers, and education were the second consideration for demanding this food.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/407/051807837
Uncontrolled Keywords: self-service, full-service, consumer characteristics, purchasing decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 27 May 2020 08:18
Last Modified: 04 Aug 2020 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168331
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item