Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Katering Sekolah Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design

Wijaya, R.P. Hero (2018) Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Katering Sekolah Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas katering pada saat ini menyediakan menu dalam sebuah paket dan setiap nutrisi dan kalori pada setiap menu paket telah diukur seimbang setiap harinya. Tetapi beberapa siswa yang berlangganan katering tidak menghabiskan makan siangnya dikarenakan salah satu faktornya adalah tidak menyukai beberapa makanan dalam paket menu pada hari tersebut. Hal ini membuat siswasiswi tersebut lesu seharian karena tidak kekurangan energi untuk menjalankan kegiatan belajar. Dengan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan sebuah solusi inovasi baru yang dapat menjadi kebutuhan bagi para pengguna khususnya orangtua untuk anaknya yang berlangganan katering. Perancangan user experience ini diperlukan agar pada pengembangan aplikasi tersebut akan didapatkan hasil user experience dengan tingkat keberhasilan dan tingkat kepuasan yang baik. Human-centered Design (HCD) adalah pendekatan interaktif yang bertujuan untuk membuat sistem yang dapat digunakan dan berguna dengan berfokus pada kebutuhan pengguna dengan meningkatkan aspek efektivitas dan efisiensi pengguna dan kepuasan. Hasil dari evaluasi desain dengan usability testing mendapatkan hasil sebesar 96,39% dan hasil evaluasi User Experience Questionnaire (UEQ) pada perancangan user experience aplikasi katering ini mendapatkan nilai positif dan mendapatkan kategori excellent pada aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain solusi memberikan persepsi yang positif dari segi user experience dan baik dari segi usability.

English Abstract

The majority of catering currently provide menus in a package and every nutrient and calorie on each package menu has been measured every day. Some katering people don't eat their lunch because one of the factors is not using some food in the package menu that day. This makes students sluggish all day because they do not lack energy for learning activities. By using it, it is necessary to do a new solution that can be used for special users for the right delivery. Mastery of user experience is needed so that the development of the application will get the results of user experience with a good level of success and satisfaction. Humancentered Design (HCD) is an interactive approach that aims to create a system that can be used properly and efficiently. The results of design testing with usability testing get results of 96.39% and the results of evaluation of User Experience Questionnaire (UEQ) on the recording of user experience katering applications get a positive value and get a very good category on aspects of attraction, perspectivity, efficiency, dependence, stimulation and novelty. Thus, it can be concluded that design provides a positive perception in terms of user experience and both in terms of usability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/1014/051900806
Uncontrolled Keywords: user experience, human-centered design, UEQ, usability testing, katering
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations > 658.812 028 5 Customer relations--Computer programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:14
Last Modified: 19 Oct 2021 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167106
[thumbnail of R.P. Hero Wijaya.pdf]
Preview
Text
R.P. Hero Wijaya.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item