Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Komika Malang (Studi Pada Konsumen Cafe Komika Yang Tergabung Dalam Komunitas)

Widyastuti, Rahmah (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Komika Malang (Studi Pada Konsumen Cafe Komika Yang Tergabung Dalam Komunitas). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha cafe merupakan salah satu jenis bisnis yang dituntut untuk menarik perhatian konsumen. Agar konsumen memiliki keinginan untuk melakukan pembelian salah satu yang dapat dilakukan pihak cafe adalah dengan menciptakan store atmosphere di cafe yang nyaman dan menarik. Selain itu, kualitas produk yang tersedia di cafe juga dapat mempengaruhi konsumen. Konsumen biasanya mendapatkan informasi dan berminat untuk mengunjungi sebuah cafe dari reference group yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk, store atmosphere, reference group terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 112 konsumen Cafe Komika Malang dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden adalah mereka yang tergabung dalam komunitas di Kota Malang dan pernah berkunjung di Cafe Komika Malang. Alat uji yang digunakan untuk menguji penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya hipotesis dilakukan dengan melakukan uji analisis regresi linier berganda dibantu software SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang sedangkan variabel store atmosphere dan variabel reference group memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Komika Malang.

English Abstract

Cafe business is one type of business that takes the opportunity of the phenomenon. To survive and win the competition a cafe is required to attract the attention of consumers is create a store atmosphere in the cafe is comfortable and interesting. In addition, other things that can affect consumer desire is with the quality of products available in the cafe. Consumers usually get information and are interested to visit a cafe from the reference group in the vicinity. This study aims to determine the effect of product quality, store atmosphere, reference group on consumer purchasing decisions at Cafe Komika Malang. This type of research is an explanatory research. The sample taken in this research is 112 consumers Cafe Komika Malang by using purposive sampling where the criteria of respondents taken are those who are members of the community in Malang and are have visited at Cafe Komika Malang. Test equipment used to test this research in the form of validity test, reliability test, and test of classical assumption. Furthermore, the hypothesis is done by performing multiple linear regression analysis assisted SPSS software. The result of multiple linear regression analysis shows that the variable of product quality has no significant influence on consumer buying decision at Cafe Komika Malang while the variable of store atmosphere and reference group variables have significant influence to consumer buying decision at Cafe Komika Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/138/051804528
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Store Atmosphere, Reference Group, Keputusan Pembelian, Product Quality, Store Atmosphere, Reference Group, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:05
Last Modified: 20 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166334
[thumbnail of RAHMAH WIDYASTUTI.pdf]
Preview
Text
RAHMAH WIDYASTUTI.pdf

Download (40MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item