Hidayatullah, Irvan Faried (2017) Wanita, Kecantikan, Dan Kondisi Fisiologis: Dampak Siklus Menstruasi Terhadap Perbedaan Perilaku Konsumsi Produk Kosmetik Dekoratif (Survei Online Pada Wanita Karir Di 57 Perusahaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Wanita secara khusus memiliki suatu kondisi fisiologis yang unik atau hanya dimiliki oleh mereka yaitu siklus menstruasi yang terjadi di setiap bulannya. Penelitian sejauh ini telah membuktikan bahwa siklus menstruasi memberikan efek pada perilaku konsumsi wanita. Siklus menstruasi tersebut secara ilmiah mampu memengaruhi hasrat, preferensi, dan perilaku mereka dalam mengkonsumsi suatu produk. Wanita memiliki hasrat untuk berbelanja dan terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempercantik diri yang lebih besar pada saat masa subur mereka. Salah satu kegiatan untuk mempercantik diri adalah penggunaan kosmetik dekoratif (makeup). Penggunaan kosmetik dekoratif pada wanita merupakan topik yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Terlebih lagi, di Indonesia penelitian mengenai perbedaan perilaku selama siklus menstruasi pada wanita dalam topik pemasaran masih sangat sedikit dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan perilaku konsumsi wanita pada produk kosmetik selama siklus menstruasi mereka, yaitu antara masa subur dan masa non-subur. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan: (1) variasi keinginan (consumption desire) untuk menggunakan produk kosmetik dekoratif antara masa subur dan nonsubur, (2) variasi frekuensi penggunaan produk (product usage) untuk produk kosmetik dekoratif antara masa subur dan nonsubur, dan (3) variasi penggunaan uang (money spent) untuk produk kosmetik dekoratif antara masa subur dan nonsubur. Teknik analisis ini digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji beda paired sample t-test. Penelitian dilakukan pada wanita karir di 57 perusahaan secara online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah menyebar kuisioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada variasi keinginan (consumption desire), (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel frekuensi penggunaan produk (product usage), dan (3) tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada variabel penggunaan uang (money spent). Dalam penelitian ini juga menemukan wanita menghabiskan waktu lebih lama untuk menggunakan make up dan lebih memperhatikan kualitas make up yang mereka gunakan pada masa subur dibandingkan pada masa nonsubur. Sehingga dapat dikatakan bahwa benar siklus menstruasi memiliki dampak terhadap perubahan perilaku konsumen wanita, khususnya pada produk kosmetik dekoratif.
English Abstract
Women in particular have unique physiological conditions or only possessed by them, namely the menstrual cycle that occurs in each month. Previous research has proven that menstrual cycle effect the behavior of women consumption. The menstrual cycle is scientifically capable of influencing their desires, preferences, and behavior in consuming a product. Women have a desire to shop and engage more during their fertile days. One of the activities to beautify is the use of cosmetics (make up). The use of decorative cosmetics in women is a topic of interest for further investigation. Moreover, research in Indonesia regarding behavior during menstrual cycle in women is little done. This research aims to find out how women's consumption behavior differences on cosmetic products during their menstrual cycle, that is, between the time of fertile and non-fertile periods. The purpose of this research is to know the difference of: (1) consumption desire to use decorative cosmetic products between fertile and non-fertile periods, (2) variation of the frequency of use of the product for cosmetic products decorative between fertile and non-fertile, and (3) variation of the use of money for the decorative cosmetic products between the fertile and non-fertile periods. This analysis techniques in this research is to use different test with paired sample t-test. Research done on women's careers in 57 companies with online survey. The sample in this research totaled 65 respondents. Methods of data analysis used in this study is spread a detailed questionnaire research. The results showed that (1) no significant differences occurred in consumption desire, (2) there is a significant difference in the variable frequency of the use of the products, and (3) do not occur a significant variable use of money. In this study also found women spend more time to use make up and pay more attention to the quality of the makeup they use during fertile than during non-fertile periods. So it can be said that true menstrual cycle has an impact on the change in consumer behaviour of women, especially in the cosmetic products
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/341/051804882 |
Uncontrolled Keywords: | Siklus Menstruasi, Kondisi Fisiologis, Wanita, Perilaku Konsumen, Kosmetik Dekoratif, Menstrual Cycle, Physiological Conditions, Women, Consumer Behaviour, Decorative Cosmetics. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 05:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166210 |
Preview |
Text
Irvan Faried Hidayatullah.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |