Pratama, Rasis Bhakti (2018) An Analysis Politeness Strategy Used in STMJ 53 Dinoyo Between Seller and Buyer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh kesopanan Penjual dan pembeli di Dinoyo 53 STMJ. Studi ini menjelaskan apa jenis strategi kesopanan digunakan oleh penjual dan apa jenis kesopanan strategi digunakan oleh pembeli di STMJ 53 Dinoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatis dengan strategi kesopanan sebagai obyek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah penjual dan pembeli di Dinoyo 53 STMJ. Peneliti mengamati dan merekam untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan beberapa langkah untuk menganalisis data, yaitu; Transkrip percakapan antara penjual dan pembeli. Mengidentifikasi FTA yang dilakukan oleh Penjual kepada pembeli di STMJ 53 Dinoyo berdasarkan Brown dan Levinson teori (1987). Menyoroti ucapan-ucapan yang mengandung FTA dan kesopanan strategi dari percakapan antara penjual dan pembeli. Klasifikasi pada jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh Penjual kepada pembeli di STMJ 53 Dinoyo berdasarkan Brown dan Levinson teori (1987). Peneliti menggunakan teori Brown dan Levinson yaitu strategi sopan santun terdiri; strategi langsung tanpa basa basi, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat strategi yang digunakan oleh penjual dan pembeli di STMJ 53 Dinoyo strategi langsung tanpa basa basi, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi tidak langsung. Dari 67 ucapan Penjual dan pembeli, 26 di antaranya diidentifikasi sebagai strategi langsung tanpa basa basi, 28 sebagai strategi kesantunan positif, 17 sebagai strategi kesopanan negatif, 2 dari strategi tidak langsung dan 5 dari campuran beberapa strategi. Strategi langsung tanpa basa basi mendominasi penggunaan strategi kesantunan oleh penjual dan pembeli selama proses pembelian dan penjualan. Studi ini menunjukkan bahwa; strategi langsung tanpa basa basi yang digunakan dalam situasi pembicara yang ingin mencapai efisiensi maksimum dari sambutannya, strategi kesopanan yang digunakan dalam kondisi di mana pembicara berusaha meminimalkan jarak antara mengungkapkan minat, strategi kesopanan negatif adalah strategi yang digunakan dalam situasi di mana pembicara memiliki fokus utama dengan asumsi bahwa ia dapat memaksakan dan mengganggu ruang pendengarnya, dan mematikan rekaman strategi terakhir yang digunakan dalam kondisi tersebut. Penelitian ini mungkin sangat membantu untuk proses penelitian lebih lanjut. Mungkin dalam kesopanan namun data atau yang berbeda untuk diperiksa. Untuk Penjual dan pembeli mungkin kurang dari pengembangan data tetapi jika salah satu sisi antara penjual atau pembeli mungkin lebih spesifik.
English Abstract
This research was conducted to analyze the strategies used by the politeness of sellers and buyers in the Dinoyo 53 STMJ. The study explains what kinds of politeness strategies used by the seller and what kind of politeness strategies used by buyers in STMJ 53 Dinoyo. This research uses a pragmatic approach with a politeness strategy as a field of study. This research is a descriptive qualitative research. The subject of this research is the seller and the buyer in the Dinoyo 53 STMJ. Reseacher observing and recording to collect data. Researchers undertook several steps to analyze the data, namely; Transcribing the conversation between seller and buyer. Identifying the FTAs performed by the seller to the buyer in STMJ 53 Dinoyo based on Brown and Levinson (1987) theory. Highlighting the utterances which contain FTAs and politeness strategies from the conversation between seller and buyer. Classifying the types of politeness strategies used by the seller to the buyer in STMJ 53 Dinoyo based on Brown and Levinson (1987) theory. Researchers used Brown and Levinson's theory of politeness strategies, is; bald on record, negative politeness, positive politeness, and off the record. The results of this research show that there are four strategies used by the seller and the buyer in the STMJ 53 Dinoyo Bald on record, positive politeness, negative politeness, and off record. Of the 67 utterences of sellers and buyers, 26 of them identified as bald on record, 28 as positive politeness, 17 as negative politeness, 2 off record and 5 as from the mixture of some strategies. Bald on record dominated the use of politeness strategies by sellers and buyers during the process of buying and selling. This study shows that; bald on record used in the situation of the speakers who want to achieve maximum efficiency from his speech, politeness strategies used in the condition in which the speaker tried to minimize the distance between expressing interest, negative politeness the strategies used in situations where the speaker has a primary focus on assuming that he can impose and disrupt space hearers, and deadly last recording strategies used in the condition. This study may be very helpful to the process of further research. Maybe in a politeness but different data or object to be examined. For the seller and buyer may for less than the development of data but if one of of the sides between the seller or the buyer may be more specific.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/177/051806468 |
Uncontrolled Keywords: | Sopan Santun, Strategi Kesantunan FTA(Face Threatening Act), Strategi Sopan Santun, Penjual, Pembeli, STMJ-Politeness, FTA(Face Threatening Act), Politeness Strategy, Seller, Buyer, STMJ |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:41 |
Last Modified: | 17 May 2022 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166188 |
![]() |
Text
Rasis Bhakti Pratama.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |