Pengaruh Fear Appeals Terhadap Motivasi Membeli (Survei Pada Perokok Remaja Usia 13 Sampai 19 Tahun Di Kota Malang)

Firdias, Adil (2018) Pengaruh Fear Appeals Terhadap Motivasi Membeli (Survei Pada Perokok Remaja Usia 13 Sampai 19 Tahun Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh secara parsial variabel fear, threat dan efficacy terhadap motivasi membeli; (2) pengaruh secara simultan variabel fear,threat danefficacy terhadap motivasi membeli. Penelitian ini menggunakan jenis metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang merupakan perokok remaja usia 13 sampai 19 tahun di Kota Malang dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial (1) variabel fear (X1) memiliki pengaruh positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y); (2) variabel threat (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y); (3) variabel efficacy (X3) memiliki pengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi membeli (Y). Secara simultan variabel fear (X1), threat (X2) dan efficacy (X3) tidak memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel motivasi membeli (Y). Berdasarkan hasil tersebut faktor fear adalah satusatunya variabel yang memiliki nilai positif walaupun nilainya sangat rendah. Hal itu menunjukkan bahwa perokok remaja yang ada di Kota Malang sebenarnya merasa takut akan adanya kemasan rokok yang menyeramkan tetapi hal itu memiliki pengaruh yang sangat kecil sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi membeli rokok bagi perokok remaja yang ada di Kota Malang

English Abstract

The objectives of this study is to identify and explain: (1) partial influence of the variable of fear, threat and efficacy towards buying motivation; (2) the simultaneous influence of the variable of fear, threat and efficacy towards buying motivation. This study used survey method type with quantitative approach. Total amount sample used in this study is 116 respondents who are teenage smokers aged 13 to 19 years in Malang by used purposive sampling. The method of data collection used in this study is questionnaire. Data analysis used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Result of this study indicate: partially (1) variable of fear (X1) have positive influence but the effect on buying motivation variable (Y) is insignificant; (2) the threat variable (X2) has a negative influence and no significant effect on the buying motivation variable (Y); (3) the efficacy variable (X3) has a negative effect and no significant effect on the buying motivation variable (Y). Simultaneously the variables of fear (X1), threat (X2) and efficacy (X3) do not have a mutual influence on the buying motivation variable (Y). Based on these results the fear factor is the only variable that has a positive value although the value is very minor. It shows that teenage smokers in Malang actually feel afraid of the creepy cigarette packs but it has a very small effect therefore it is not to influence on buying motivation cigarettes for teenage smokers in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/350/051805606
Uncontrolled Keywords: fear appeals, fear, threat, efficacy, motivasi membeli, fear appeals, fear, threat, efficacy, buying motivation.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:07
Last Modified: 28 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166143
[thumbnail of Adil Firdias.pdf]
Preview
Text
Adil Firdias.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item