Indrawan, Kumia (2017) Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Berperilaku (survei pada pengguna aplikasi Go-Jek di Perumahan Sawojajar I Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan kemajuan zaman diikuti dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat Indonesia dalam aktivitasnya sehari-hari dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang berbasis online. Teknologi informasi yang dimaksud dapat berupa komputer, laptop, atau perangkat lain yang dimilikioleh hampir setiap orang khususnya smartphone. Dengan pengguna smartphone di Indonesia yang begitu besar juga berdampak terhadap semakin maraknya pelaku bisnis online (e-commerce). Beragam e-commerce yang bermunculan semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) Persepsi Kegunaan terhadap Minat Berperilaku, (2) pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Minat Berperilaku, (3) pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Berperilaku. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang digunakan adalah Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Minat Berperilaku. Populasi dari penelitian adalah warga Perumahan Sawojajar 1 Malang yang pernah menggunakan aplikasi Go-Jek dan berusia diatas 17 tahun. Sampel yang digunakan sejumlah 90 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Hair. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner yang disebar di Perumahan Sawojajar 1 Malang yang kebetulan bertemu dan pernah menggunakan aplikasi Go-Jek. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kegunaan (X1) memiliki pengaruh terhadap Minat Berperilaku (Y) dan Persepsi Kemudahan (X2) memiliki pengaruh terhadap Minat Berperilaku (Y), serta Persepsi Kegunaan (X1) dan Persepsi Kemudahan (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap Minat Berperilaku (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapka perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan kegunaan dari aplikasi Go- Jek, karena variabel Persepsi Kegunaan (X1) memiliki pengaruh yang dominan terhadap variabel Minat Berperilaku (Y).
English Abstract
Along with the progress of the era followed by the rapid progress of information technology today, the people of Indonesia in their daily activities facilitated by various facilities based online. Information technology in question can be a computer, laptop, or other devices owned by almost everyone, especially smartphones. With smartphone users in Indonesia that is so big also affects the increasingly widespread online business (e-commerce). Various e-commerce that pops up makes it easier for humans in doing their activities. The purpose of this research is to know the influence between (1) Perceived Usage to Behavioral Intention, (2) effect Perception Ease of Use to Behavioral Intention, (3) effect Perception of Usability and Perception of Ease to Behavioral Intention. The type of research conducted is explanatory research with quantitative approach and the variables used are Perception Uses, Perceptions of Convenience, and Interest Behavior. The population pf the study wee Sawoajajar 1 Malang residents who use Go-Jek application and aged over 17 years old. The sample used a total of 90 respondents obtained from using the Hair formula. Data collection techniques that is with questionnaire spread in Sawojajar 1 Malang who happened to meet and never use Go-Jek application. Analysis of data used in the study using multiple regression analysis. The result of multiple regression analysis shows that the variable of Perception Use (X1) has influence to Behavioral Interest (Y) and Convenience Perception (X2) have influence to Behavioral Interest (Y), Perception Usability (X1) and Convenience Perception (X2) together with the Behavioral Interest (Y) Based on the result of the research, it is expected that the company can maintain and improve the usefulness of the Go-Jek apllication, since the Perception Usefulness (X1) has a dominant influence on Behavioral Interest (Y) variable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1371/051804453 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 06:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165674 |
Preview |
Text
Kumia Indrawan.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |