Pamungkas, Danang (2018) Pengaruh Iklan “Google Adwords” Terhadap Perilaku Share Konsumen (Survei Pada Pendaftar Situs Kampungcourse.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kampungcourse.com merupakan situs pencarian kursus dan pelatihan atau marketplace bagi pihak penyedia kursus (lembaga kursus dan tutor) dengan konsep mempertemukan antara orang yang mencari kursus dan pelatihan dengan pihak penyedia kursus dan pelatihan. Kampungcourse.com beroperasi di Kawasan Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur. Visi perusahaan yaitu menjadi situs pencarian kursus dan pelatihan nomor 1 di Indonesia yang menjadi landasan sehingga perusahaan melakukan berbagai strategi pemasaran digital untuk mempromosikan bisnis yang ditawarkannya, salah satunya ialah pemanfaatan iklan Google Adwords dalam mempengaruhi perilaku share konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh antara iklan Google Adwords terhadap perilaku share Konsumen (Pendaftar Situs Kampungcourse.com), (2) Mengetahui seberapa besar hubungan iklan Google Adwords dengan perilaku share konsumen (Pendaftar Situs Kampungcourse.com). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dengan metode teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel terhadap responden yang pernah mendaftar dan melakukan transaksi pada Kampungcourse.com. Berdasarkan hasil uji regresi yang didapat bahwa iklan Google Adwords berpengaruh positif terhadap perilaku share konsumen dengan nilai t hitung = 18,331 > t tabel = 1,977. Berdasarkan uji korelasi dapat diambil kesimpulan bahwa iklan Google Adwords memiliki hubungan yang kuat terhadap perilaku share konsumen, sebesar 0,846. Sedangkan, berdasarkan koefisien determinasi dapat diambil kesimpulan bahwa iklan Google Adwords memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku share konsumen, sebesar 71,5%. Dengan demikian, iklan Google Adwords sudah berhasil mempengaruhi konsumen untuk melakukan share atau membagi informasi yang didapat kepada kerabat atau teman dekat. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi pemasaran digital Kampungcourse.com dengan pemanfaatan iklan Google Adwords dalam memberikan pengaruh terhadap perilaku share konsumen adalah keputusan yang baik karena memiliki pengaruh positif dan signifikan sebsar 71,5%. Meningkatkan konten iklan yang lebih menarik diperlukan oleh perusahaan demi lebih cepatnya suatu promosi tersebar kepada seluruh konsumen melalui fenomena share informasi.
English Abstract
Kampungcourse.com is a website for course and training or such a marketplace for many courses (either for course providers or tutors) with a concept to connect students to many different course providers. Kampungcourse.com operates in the area of “Kampung Inggris” Pare, Kediri, Jawa Timur. The company vision is to become the first website for many course and training programs in Indonesia, which eventually make the foundation for the company to conduct various types of digital marketing strategies to promote its offered business, one of which is through the utilization of Google Adwords ads to influence the shared-behavior of its customers. The aim of this study is (1) to know how big the influence of Google Adwords ads towards the customer shared-behavior (for the registrants in Kampungcourse.com), (2) to know how big the relation of Google Adwords ads towards the customer shared-behavior (for the registrants in Kampungcourse.com). The type of this study is descriptive by using quantitative approach. The analysis method used in this study is done through using simple linier regression statistic technique with purposive sampling technique, taking the sample of respondents who had registered and conducted transactions in Kampungcourse.com. According to regression test results, it shows that Google Adwords ads has positive influence towards the customer shared-behavior with the t value = 18,331 > t table = 1,977. Based on the correlation test, it can be concluded that Google Adwords ads has a strong relation to customer shared-behavior, as amount of 0,846. Meanwhile, in responding to the determination coefficient, it can be inferred that Google Adwords ads has significant effect on customer shared-behavior, at 71.5%. Finally, Google Adwords ads can be said to be successful in influencing the customers to do the share activities or sharing the given information gained from relatives or close friends. The researcher concludes that the digital marketing strategy of Kampungcourse.com by utilizing Google Adwords ads in giving an influence towards the customer shared-behavior is a good decision as it creates positives effects and has significant values 71.5%. The company requires more appealing ads content improvement in order to promote faster to all of its customers through the involvement in sharing information phenomena.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/877/051810436 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Google Adwords, Perilaku Konsumen, Share. Ads, Google AdWords, Customer Behavior, Share. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 07:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165495 |
Preview |
Text
Danang Pamungkas.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |