Pengaruh Penambahan Asap Instan Ranting Mangrove Bogem (Sonneratia alba) Terhadap Mutu Bakso Ikan Lele (Clarias gariepinus)

Abdurrahman, Alfian Reza (2018) Pengaruh Penambahan Asap Instan Ranting Mangrove Bogem (Sonneratia alba) Terhadap Mutu Bakso Ikan Lele (Clarias gariepinus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bakso merupakan produk tradisional yang terbuat dari olahan daging, baik daging sapi, ayam, ikan maupun udang. Bakso ikan merupakan salah satu bentuk dari diversifikasi produk perikanan yang cukup digemari oleh masyarakat, disamping rasanya yang enak dan penyajian yang mudah. Kelemahan dari bakso ikan adalah daya awetnya yang dirasa masih kurang, yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme pembusuk selama masa simpan produk. Penggunaan asap cair tidak hanya dalam berbentuk cairan saja, karena bentuknya yang cair dianggap kurang praktis ketika dalam proses distribusi dan transportasi. Produk hasil diversifikasi dari produk perikanan berupa bakso yang ditambahkan dengan ikan lele dan asap instan dan menjadi produk bakso ikan lele ini bertujuan agar meningkatkan mutu pada bakso ikan lele sehingga dapat meningkatkan umur simpan bakso walaupun sudah lewat lebih dari 24 jam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan asap instan ranting mangrove bogem (Sonneratia alba) terhadap mutu bakso ikan lele (Clarias gariepinus) yang meliputi kandungan gizi, organoleptik dan umur simpan. Penelitian ini dilaksanakan pada Laboratorium Biokimia dan Nutrisi Ikani, Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Rekayasa Pengolahan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, dan Laboratorium Kimia Universitas Brawijaya Malang. Pengujian GC-MS dilakukan di Laboratorium Mineral dan Material Maju, Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan pada bulan Februari-Agustus 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode penelitian eksperimental. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Rancang Acak Lengkap (RAL) sederhana, dengan objek penelitian adalah penambahan bubuk asap instan yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Parameter uji dalam penelitian yaitu uji total fenol, uji total asam, uji GCMS, uji kadar air, uji kadar protein, uji kadar abu, uji kadar karbohidrat, uji kadar lemak dan uji organoleptik (hedonik). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Kruskal wallis untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap respon parameter yang dilakukan pada taraf 5% dan jika didapatkan hasil yang berbeda nyata dilakukan uji dengan menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan Penambahan asap instan pada bakso ikan dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh nyata pada parameter kenampakan, aroma, rasa dan tekstur bakso ikan. Penambahan asap instan dengan konsentrasi berbeda berpengaruh nyata pada kadar air dan nilai sensori selama penyimpanan. Penambahan asap instan lebih tahan lama dibandingkan tanpa penambahan asap instan. Berdasarkan analisis dari nilai sensori dan daya simpan didapatkan hasil perlakuan terbaik dengan analisa de garmo sosis ikan dengan penambahan asap instan konsentrasi 2%. nilai proksimat kadar air 60,61, kadar abu 0,61, kadar protein 6,14, lemak 0,25, karbohidrat 32,38.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/873/051811657
Uncontrolled Keywords: Bakso Ikan Lele, Clarias gariepinus, Asap Instan, Ranting Mangrove Bogem
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.39 Game and seafood > 641.392 Game and seafood (Catfishes, Cichlidae, Milkfish, Mackerel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:38
Last Modified: 16 Mar 2022 04:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165150
[thumbnail of Alfian Reza Abdurrahman.pdf]
Preview
Text
Alfian Reza Abdurrahman.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item