Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim Melalui Aplikasi Go-Food : Persepsi Halal Serta Faktor Ekonomi & Non Ekonomi Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Rahmadan, Thea Adelina (2018) Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim Melalui Aplikasi Go-Food : Persepsi Halal Serta Faktor Ekonomi & Non Ekonomi Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menilai kehalalan produk makanan yang ada di aplikasi GO-FOOD dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam membeli makanan melalui aplikasi GO-FOOD. Untuk itu digunakan analisis Factor Exploratory (FE) berganda pada data yang dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner pada mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan non probability accidental sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa 61,3% responden memilih cara menilai kehalalan produk makanan yang tersedia di aplikasi GO-FOOD dengan cara keberadaan logo halal pada penjual makanan. 53,33% menilai kehalalan produk makanan dari makanan yang dipesan tidak mengandung bahan –bahan yang diharamkan.. 44% responden menilai dari menu makanan yang diharamkan tidak dijual di tempat itu. 37,33% menilai dari merk yang tidak mengarah pada sesuatu yang diharamkan. Dan 12% responden menilai dari teman/kelarga yang memiliki tingkat religiusitas yang cukup tinggi. Sedangkan 9,33% responden menilai dari produsen makanan yang dipesan melalui aplikasi GO-FOOD. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dalam membeli makanan melalui aplikasi GO-FOOD terdapat faktor ekonomi (system pembayaran yang murah, faktor promosi, faktor harga, dan faktor produksi) dan faktor non ekonomi (faktor gaya hidup, faktor kemudahan pengguna, faktor halal dan baik, actor social, dan faktor kondisi sekitar)

English Abstract

This study aims to study how Muslim students of the Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya assess the halal of food products in the GOFOOD application and study the factors that influence food purchases through the GO-FOOD application. For this reason, a multiple Factor Exploratory (FE) analysis is used on the data collected by distributing questionnaires to Muslim students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya with non probability accidental sampling. 61.7% of respondents chose how to assess halal food products available in the GO-FOOD application by choosing a halal logo on food vendors. 53.33% assessed that the food from the ordered food did not contain prohibited ingredients. 44% of respondents appreciated the prohibited food not being sold there. 37.33% of the achievements of an unapproved brand on something that is forbidden. And 12% of respondents rate that from friends / family members who have a high level of religiosity. While 9.33% of respondents rated food producers who bought through the GO-FOOD application. While for factors that influence Muslim students of the Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya in buying food through the GO-FOOD application related to economic factors (low payment systems, promotion factors, price factors, and production factors) and non-economic factors (lifestyle factors, factors Easy users, halal and good factors, social actors, and surrounding conditions)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/765/051901424
Uncontrolled Keywords: Konsumsi, Aplikasi Online, GO-FOOD, konsumsi muslim, Consumption, Online Application, GO-FOOD, Muslim consumption.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:41
Last Modified: 21 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164563
[thumbnail of Thea Adelina Rahmadani.pdf] Text
Thea Adelina Rahmadani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item