Implementasi Data Mining Algoritma Frequent Pattern-Growth (FPGrowth) Pada Perancangan Website E-Commerce Online Shop Natural Green Malang

Jusuf, Ummi Kalsum A. (2018) Implementasi Data Mining Algoritma Frequent Pattern-Growth (FPGrowth) Pada Perancangan Website E-Commerce Online Shop Natural Green Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Natural Green Malang merupakan usaha berbasis online yang menjual produk-produk kecantikan khusus skincare (perawatan kulit). Permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu banyaknya data transaksi yang dimiliki online shop, namun tidak dimanfaatkan secara maksimal. Berdasar data penjualan online shop Natural Green Malang selama setahun dari bulan Januari 2017 hingga Februari 2018, terdapat 3120 transaksi untuk data produk dengan merek Natural Green. Data transaksi yang sangat banyak ini jika tidak dimanfaatkan hanya akan menjadi data simpanan saja dan hanya memenuhi memori penyimpanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengolah data transaksi online shop Natural Green Malang menjadi lebih bermanfaat sebagai rekomendasi produk untuk pelanggan online shop. Teknik data mining association rule dipilih sebagai metode yang dapat mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi baru yang bermanfaat. Algoritma FP-Growth digunakan sebagai alternatif algoritma yang dapat menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset). Pada penelitian ini, pencarian frequent itemset diperoleh dari banyaknya item produk yang paling sering dibeli bersamaan oleh konsumen. Informasi tersebut dijadikan sebagai rekomendasi produk dalam perilaku keputusan pembelian konsumen di Online Shop Natural Green Malang yang dirancang dalam sebuah website. Rancangan website ini dilakukan penilaian berdasarkan desain fungsional dan desain interface. Penilaian desain interface menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diisi oleh responden ahli sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 rule yang terbentuk dengan nilai confidence lebih dari 10%, dan yang digunakan dalam rekomendasi produk pada rancangan website viii hanya 10 rule, yaitu rule yang memiliki nilai lift ratio lebih dari 1. Hasil pengujian fungsional menunjukkan masih terdapat beberapa menu yang mengalami error, yaitu menu Masuk, Daftar dan Keluar. Hasil pengujian interface menunjukkan hasil yang baik karena rata-rata penilaiannya berada pada interval baik (60%-79,99%), sehingga pada pengujian interface tidak terdapat bagian yang perlu diperbaiki karena hasil penilaian sesuai dengan yang diharapkan.

English Abstract

Natural Green Malang is one online shop that sells cosmetic products, especially skincare. The products sold are various, such as facial scrubs, face masks, face oil, face mist, etc. Those products use natural ingredients. Based on the data from online sales of Natural Green Malang, there were 3120 transactions under the Natural Green brand for a year from January 2017 to February 2018. The large transaction data will only be the saved data if it is not utilized and only fulfill the storage memory. This research was conducted to process the Natural Green Malang online shop transaction data to be more useful as product recommendation to online shop customers. The data mining association rule technique was chosen as a method that can process the data into a useful new information. FP-Growth algorithm was used as an alternative algorithm that can determine the most frequently occurring data set (frequent itemset). In this study, frequent itemset search was obtained from the number of product items that are most often purchased together by consumers. This information was used as a product recommendation in the behavior of consumer purchasing decisions at the Green Natural online shop Malang designed in a website. The design of this website was assessed based on the functional design and interface design. The interface design assessment used an instrument in the form of a questionnaire filled by 6 expert respondents. The results show that there are 13 rules that were formed with a confidence value of more than 10%, but only 10 rules were used in the product recommendations on the website design namely the rule has an lift ratio of more than 1. The functional test results indicate that there are still some menus that experience x error: the Enter, Register and Exit menu. For the results of the interface testing, it falls into the good category because the average assessment results obtained are at good intervals (60% -79.99%), so there is no part in the interface testing that needs to be corrected because the assessment results are as expected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/467/051810145
Uncontrolled Keywords: algoritma FP-Growth, association rule, data mining, e-commerce, online shop, skin care, website, / association rule, e-commerce, data mining, FPGrowth algorithm, online shop, skin care, website.
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jun 2019 01:54
Last Modified: 19 Jun 2019 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164099
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item