Kusumo, Muhammad Mas Agus Suryo (2018) Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Vaporizer (Studi Pada Malang Vapers Community). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bertambahnya jumlah pengguna vaporizer di Indonesia terjadi setelah diadakannya kampanye Indonesia Support Vaping. Vaporizer menjadi populer di kalangan anak-anak muda karena devicenya yang trendi dan bisa menghasilkan uap yang banyak. Perilaku penggunaan vaporizer merupakan perilaku yang tidak muncul dengan sendirinya, terdapat serangkaian proses yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor yang mampu mempengaruhi perilaku seseorang dalam menentukan perilaku adalah faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, terdapat gaya hidup yang menjadi salah satu indikator yang penting dan berpengaruh khususnya pada konsumen, sedangkan pada faktor eksternal terdapat kelompok referensi sebagai salah satu indikator yang juga mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Dari sekian banyak pengguna vaporizer di Kota Malang terdapat komunitas yang tertua dan memiliki banyak karakter individu yang berbeda-beda yaitu Malang Vapers Community sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian yang mana studi penelitian ini dilakukan pada komunitas Malang Vapers Community. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 84 responden yang merupakan jumlah anggota Malang Vapers Community dengan menggunakan teknik non probability sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian vapor, sedangkan untuk kelompok referensi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian vapor
English Abstract
The increase on vaporizer users in Indonesia occurred after Indonesia Support Vaping campaign. Vaporizer becomes popular in youngsters due to its trendy design and its ability to produce much vapor. The behavior of using vaporizer does not come by itself. There are series of processes inflicted by various factors. Factors that can influence a person’s behavior in determining his behavior are internal and external. On the internal factors, there is a lifestyle that became one of the most important indicators and influential especially on consumers purchasing decision, while on external factors there is a reference group as one of many indicator that is also able to influence purchasing decisions. From many vaporizer users in Malang City there is the oldest community and has many different individual characters named Malang Vapers Community, so this study aims to determine the influence of lifestyle and reference groups on purchasing decisions which research studies conducted on Malang Vapers Community. This explanatory research explains causal relationship among variables using hypothesis testing. The sample of this study is 84 respondents, who are members of Malang Vapers Community selected through non probability sampling. The instruments of this study were assessed using validity test, reliability test, and classical assumption test. The hypothesis testing was performed using t test, and the data were analyzed using multiple regression analysis. The results show that lifestyle does not influence purchase decision toward vaporizers, but reference group has the influence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/214/051805080 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Vapor, Malang Vapers Community, lifestyle, reference group, purchase decision, vaporizer, Malang Vaper Community |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 01:52 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164093 |
![]() |
Text
Muhammad Mas Agus Suryo Kusumo.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |