Susanto, NIkko (2018) Analisis Perilaku Konsumsi Jasa Layanan Transportasi Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Pernah Menggunakan Jasa Layanan Transportasi Online Yaitu Diantaranya Grab, Uber Dan Gojek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perialku konsumsi mahasiswa Universitas Brawijaya pada jasa layanan transportasi online yaitu diantaranya Gojek, Uber dan Grab, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana mahasiswa Universitas Brawijaya menjadi informan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian adalah bahwa perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya dan faktor lingkungan sosial, transportasi online juga membantu mahasiswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berangkat ke kampus, membantu kesulitan mahasiswa ketika lahan parkir kampus yang sempit, membeli makan secara online, mengirim barang secara online. Dari ke empat informan yang peneliti wawancara, 3 diantaranya lebih memilih menggunakan Gojek daripada Uber, dan 1 dari mereka lebih memilih menggunakan Grab sebagai transportasi online utamanya. Lalu 3 dari mereka menyatakan bahwa mereka akan tetap menggunakan transportasi online berapapun uang saku bulanan mereka pada saat itu dan 1 dari 4 informan menyatakan bahwa ia akan menggunakan transportasi online tergantung kondisi keuangannya pada saat itu. Lalu dari 4 informan yang peneliti wawancara. Lalu dari 4 informan yang peneliti wawancara, 3 dari mereka mengungkapkan bahwa mereka menggunakan layanan transportasi online yaitu Gojek sebagai pilihan utama karena kualitas layanan yang lebih baik dari Grab dan Uber, lalu 1 dari mereka lebih memilih Grab sebagai pilihan utamanya dalam memilih transportasi online karena kualitas layanan yang lebih baik.
English Abstract
This study aims to find out about how the parable of the consumption of UB students on the online transportation service is Gojek, Uber and Grab, this research uses a qualitative approach where UB students become informants in this research. The data used include measurement, interview and documentation. The results obtained after conducting the research is that the consumption behavior of students is influenced by several factors namely social factors and social environmental factors, online transportation and assist students in performing daily activities such as going to campus, helping student difficulties, compilation of campus parking lot narrow, buy food online, send goods online. Of the four informants who interviewed the researchers, 3 preferred using Uber's Gojek, and 1 of them preferred to use Grab as an online online workforce. Then 3 of them stated that they would keep using the online transportation they were using at the time and 1 in 4 informants stated that he would use online transportation depending on his financial condition at that time. Then from 4 informants who interview researchers. Then from the 4 informants who interviewed the researchers, 3 of them revealed that they use the online transportation service that Gojek as the main choice because of better service quality of Grab and Uber, then 1 of them prefer as the best choice in choosing online transportation because the quality of service better.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/220/051805086 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku konsumsi, Preferensi Konsumsi, Transportasi Online, Giving Behavior, Consumption Preference, Online Transportation |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 May 2019 02:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164060 |
![]() |
Text
NIKKO SUSANTO.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |