Pengaruh Pesan dalam Video YouTube Arief Muhammad Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Traveloka” (Studi Kuantitatif pada Kolaborsi Traveloka X Arief Muhammad)

Ismah, Fildzah Zata (2018) Pengaruh Pesan dalam Video YouTube Arief Muhammad Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Traveloka” (Studi Kuantitatif pada Kolaborsi Traveloka X Arief Muhammad). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan mengandung sebuah pesan yang disampaikan oleh produsen yang berperan sebagai komunikator kepada konsumen sebagai komunikan. Perkembangan teknologi membuat pemasar dapat memanfaatkan media sosial YouTube sebagai sarana menyalurkan pesan mengenai informasi mengenai produk mereka kepada khalayak. Iklan yang baik tentunya mengandung pesan yang efektif dengan memperhatikan beberapa unsur pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pesan dalam video Youtube Arief Muhammad dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah pesan dengan subvariabel yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada konsumen Traveloka. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah viewers dari video YouTube Arief Muhammad yang berjudul “Vloggg: Honeymoon ke Jepang!”. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumupul dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa variabel isi pesan mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian konsumen Traveloka.

English Abstract

The ad contains a message which communicate by the company who play role as a communicator to the consumer as a communicant. Technological developments enable marketers to take advantage of YouTube's social media as a channeling messages information about their products to audiences. A good ad certainly contains an effective message with attention to some elements of the message. This study aimed to determine the message in the video Youtube Arief Muhammad which can significantly influence the purchase decision Traveloka. The independent variables in this research are message with subvariabel composed by message content, message structure, message format, and message source which tested its influence to dependent variable that is purchasing decision on consumer of Traveloka. In this study, the research population was the viewers of the YouTube video Arief Muhammad entitled "Vloggg: Honeymoon to Japan!". Total amount of respondents in this study are 100 respondents and also the method used purposive sampling. The collected data was analyzed using multiple linear regression. The results showed that the message content, message structure, message format, and message source variables significantly affected the purchase decision. Based on t test results obtained that the variable content of the message has more dominant influence on purchasing decisions consumers Traveloka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/662/051808652
Uncontrolled Keywords: Pesan, Komunikasi pemasaran, YouTube, Keputusan pembelian.-Message, Marketing communication, YouTube, Purchase decision
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:19
Last Modified: 12 Aug 2019 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163545
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item