Pengaruh Atribut Produk dan Karakteristik Website Terhadap E-Loyalty (Studi pada Wisatawan Domestik ke Kota Malang yang Menggunakan Situs Traveloka).

Rinning, Tubagoes (2018) Pengaruh Atribut Produk dan Karakteristik Website Terhadap E-Loyalty (Studi pada Wisatawan Domestik ke Kota Malang yang Menggunakan Situs Traveloka). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran online merupakan sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Pemasaran online juga merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran, teknologi-teknologi itu seperti media internet. Pemasaran online dalam sektor pariwisata memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang pariwisata, memberikan berbagai jasa layanan pariwisata kepada customers dalam bentuk telematika dan menjadikan pemasaran pariwisata lebih mudah diakses. Pemasaran pariwisata secara online dapat dilakukan dengan website. Website yang baik dan menarik mempertimbangkan atribut produk dan karakteristik website yang ditawarkan dalam website tersebut. Kedua aspek tersebut mempengaruhi e-loyalty dari pengguna website tersebut. Maka dari itu, penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh, 1) secara bersama-sama atribut produk dan karakteristik website terhadap e-loyalty, 2) atribut produk terhadap e-loyalty, 3) karakteristik website terhadap e-loyalty. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek peneltian ini adalah wisatawan domestik ke Kota Malang yang menggunakan situs Traveloka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin dan mendapatkan sampel sebanyak 120 responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuisoner kepada wisatawan domestik ke Kota Malang yang menggunakan situs Traveloka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi liniear berganda. Hipotesis pertama pada penelitian ini yaitu atribut produk dan karakteristik website berpengaruh secara simultan terhadap e-loyalty. Hipotesis kedua yaitu atribut produk berpengaruh terhadap e-loyalty. Hipotesis ketiga karakteristik website berpengaruh terhadap e-loyaty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk dan karakteristik website memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap e-loyalty. Variabel atribut produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel e-loyalty. Variabel karakteristik website berpengaruh signifikan secara parsial terhadap varibel e-loyalty.

English Abstract

Online marketing is a means to market a product or service over the internet. Online marketing is also an application from the internet and related digital technologies to achieve marketing goals, such technologies as the internet medium. Online marketing in the tourism sector utilizes information and communications technology to increase the efficiency of tourism, provide a variety of tourism services to customers in the form of usability and make tourism marketing more accessible. Online tourism marketing can be done with the website. A good and attractive website considers the product attributes and website characteristics that are offered in the website. Both of these aspects affect the e-loyalty of the user of the website. Therefore, this study aimed to determine the effect, 1) together product attributes and characteristics of the website against e-loyalty, 2) product attributes against e-loyalty, 3) the characteristics of the website against e-loyalty. This research uses explanatory research method with quantitative approach. The object of this research is domestic tourists to Malang City using Traveloka website. The sampling technique used is purposive sampling technique using Machin formula and get the sample as much as 120 respondents. The method used in collecting data is to spread the questionnaire to domestic tourists to the city of Malang using the Traveloka site. The analysis method used is descriptive analysis, and multiple linear regression analysis. The first hypothesis in this study that product attributes and website characteristics affect simultaneously to e-loyalty. The second hypothesis is the product attribute affect to e-loyalty. The hypothesis of the third characteristics of the website affect the e-loyaty. The results of this study indicate that product attributes and website characteristics have a significant influence simultaneously on e-loyalty. The variable of product attribute significantly influence partially to e-loyalty variable. Website characteristic variables significantly influence partially to e-loyalty variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/820/051809741
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, karakteristik website, e-loyalty-Product attributes, characteristics website, e-loyalty
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping > 381.142 028 5 Teleshopping (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2019 03:51
Last Modified: 23 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162141
[thumbnail of Tubagoes Rinning.pdf]
Preview
Text
Tubagoes Rinning.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item