Sukma, Ressya (2018) Evaluasi Perbandingan Ranking Antara Proposed Value Dan Perceived Value Terhadap E-Commerce Berdasarkan Model Ux Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-commerce atau electronic commerce merupakan sebuah proses jual bell yang dilakukan secara digital.Pesatnya perkembangan e-commerce diikuti dengan tingginya penggunaan Internet di Indonesia. Lazada,Tokopedia,Bukalapak, Mataharimall dan Zalora merupakan aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pada kelima aplikasi tersebut memiliki value yang ditawarkan kepada pengguna. Namun, Value yang dirasakan dari pengalaman pengguna pada kelima aplikasi e-commerce masih terdapat kekurangan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi value yang diberikan oleh kelima aplikasi e-commerce yang sering digunakan di Indonesia. Untuk dapat mengevaluasi value pada kelima aplikasi e-commerce ini, penelitian menggunakan metode UX Honeycomb yang merupakan alat yang dapat menjelaskan setiap segi atau kualitas pengalaman pengguna, dengan 7 segi value didalamnya yaitu accessible, findable, desirable, credible, usable, useful dan valueable. ketujuh value dalam Honeycomb akan dirangking untuk mendapatkan perbandingan proposed value dan perceived value. Hasil dari penelitian ini berupa perbandingan proposed value dan perceived value dari kelima aplikasi e-commerce Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall dan Zalora. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan kajian pustaka, analsis value, penliaian value, pengumpulan dan pengolahan data, analisis perbandingan dan kesimpulan. pada kajian pustaka berisi tentang penelitian-penelitian terdahulu, analisis value yang didapat dari hasil observasi visi-misi, web-official, slogan dan iklan. Kemudian penilaian value yang berisi tentang validasi expert dan instrument kuesioner, selanjutnya pengumpulan dan pengolahan data yang menggunakan metode kuesioner dan wawancara serta analisis perbandingan rangking proposed value dan perceived value dari kelima aplikasi e-commerce Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall dan Zalora.Berdasarkan Hasil analisis yang dilakukan dari perbandingan proposed value dan perceived value adalah value yang perlu ditingkatkan pada Lazada adalah aspek credible, value pada Tokopedia yang perlu ditingkatkan adalah aspek Desirable dan usable, sedangkan pada aplikasi Mataharimall aspek avalue Desirable dan Useful. Pada aplikasi Bukalapak dan Zalora ketujuh aspek value yang diberikan telah dirasakan oleh pengguna sehingga tidak perlu ada peningkatan aspek.
English Abstract
E-commerce or electronic commerce is a process of selling and buying digitally. Its fast development is followed by the high internet usage in Indonesia. Lazada, Tokopedia, dll are ones of existing e-commerce that are most-used in Indonesia. These 5 applications offers 5 values for the users which in fact, still have certain lacks. This research is held with means to analyze value given by these 5 most-used e-commerce applications. To evaluate the values of these e-commerce applications, this research applies UX Honeycomb method which is a tool with 7 value terms which are useful, usable, findable, credible, desirable,accessible, valueable. These values is used to explain the quality of users' experience. The result of this study will be a proposed value and perceived value comparison between all the 5 e-Commerce applications; Lazada, Tokopedia, Bukalapak, MatahariMall and Zalora. In this study, researcher is using value analysis towards e-Commerce 's objective, slogan and advertisement. The value analysis include expert validation, questionnaire, interview, and proposed and perceived value ranking comparison between all the five e-Commerce applications. The second methodology that used within this study is literature review to prior study. The result of this study is the comparison between proposed and perceived value, they are: Lazada need to improve their credibility value, Tokopedia need to improve their desirability and usability values, MatahariMall need to improve desirability and useful values. Meanwhile, Bukalapak and Zalora are succeed in giving all the values towards the consumer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/682/051808595 |
Uncontrolled Keywords: | ecommerce, user expereince, ux honeycomb, proposed value, perceived value, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Mataharimall, Zalora |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 03:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161752 |
Preview |
Text
Ressya Sukma.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |