Aniesiyah, Aryun Nadaa (2018) Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Kota Malang merupakan aplikasi ecomplaint yang memanfaatkan teknologi GPS dan geotagging. Aplikasi tersebut dikembangkan untuk melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi pada berbagai bidang di Kota Malang. User experience merupakan faktor penting bagi keberhasilan e-complaint yang akan digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan user experience dari aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Kota Malang. Evaluasi menggunakan usability testing dan pengukuran user experience dengan User Experience Questionnaire dilakukan untuk mengukur tingkat user experience dan mengetahui permasalahan tentang user experience dari desain aplikasi yang sudah dibangun. Setelah evaluasi awal dilakukan maka dilakukan perancangan ulang sebagai solusi dari permasalahan user experience pada desain lama. Permasalahan tersebut diantaranya adalah beberapa menu yang tidak berhasil ditemukan oleh pengguna dan ketidakpahaman pengguna dalam menggunakan fitur aplikasi. Perbandingan nilai usability desain aplikasi lama dan desain baru didapatkan perbedaan yang cukup signifikan yaitu sebesar 48,98%. Dari perbandingan skala benchmark UEQ juga dapat diketahui bahwa pada skala attractiveness dan perspicuity mengalami perubahan dari kategori “bad” menjadi “good”, pada skala efficiency, dependability, dan stimulation terjadi perubahan dari kategori “bad” menjadi “excellent”, serta pada skala novelty terjadi perubahan dari kategori “below average” menjadi “excellent”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain solusi memberikan persepsi yang lebih positif dari segi user experience dan lebih baik dari segi usability.
English Abstract
Public complaints reporting application for Malang city is an e-complaint application that utilizes GPS and geotagging technology. The application was developed to report various problems that occurred in various fields in Malang. User experience is an important factor for the success of e-complaint that will be used by the citizen. This study aims to design the user experience for public complaints reporting application for Malang city. Evaluation using usability testing and user experience measurement with User Experience Questionnaire (UEQ) is done to measure the user experience level and to know the problem about user experience from application design that has been built. Some of the problems are the menus that was not successfully found by users and user’s incomprehension to use application features. After the initial evaluation is done then do redesign as solutions of user experience problems on the old design. The comparison of usability value of old application design and new design obtained significant difference that is equal to 48.98%. The comparison of UEQ benchmark scale also can be seen that the scale of attractiveness and perspicuity change from the category of “bad” into “good”, on the scale of efficiency, dependability, and stimulation change from the category of “bad” into “excellent”, and on novelty scale change from the category “below average” into “excellent”. Thus, it can be concluded that the design solution gives a more positive perception in terms of user experience and better in terms of usability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/426/051807586 |
Uncontrolled Keywords: | user experience, human-centered design, UEQ, usability testing, ecomplaint |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations > 658.812 028 5 Customer relations--Computer programs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 02:43 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161637 |
Preview |
Text
Aryun Nadaa Aniesiyah.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |