Mukafi, Ahmad Wildan (2018) Pembangunan Sistem Marketplace Yang Dapat Merekomendasikan Grup Facebook Yang Sesuai Dengan Produk Menggunakan Algoritme Cosine Similarity. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat banyak manusia untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam hal teknologi. Marketplace adalah suatu bentuk dari hasil kemajuan teknologi saat ini. Marketplace sendiri adalah tempat atau wadah untuk melakukan pemasaran produk atau jasa memalui media internet. Seiring berjalannya waktu persaingan antar produk akan semakin meningkat, oleh karena itu dibutuhkanlah suatu cara pemasaran yang dapat menjangkau lebih banyak target pembeli yang susuai dengan produk. Pada saat ini facebook merupakan media sosial yang cukup banyak digunakan. Pada facebook terdapat fitur grup yang dinilai mampu untuk membantu memasarkan produk sesuai dengan target produk. Untuk memecahkan masalah di atas dibutuhkan sistem marketplace yang sudah terintegrasi dengan facebook, dengan memanfaatkan algoritme cosine similarity maka produk akan melihat tingkat kemiripan dari grup yang tersedia. Hasil dari analisi kebutuhan yang telah dilakukan didapatkan 41 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian whitebox dan blackbox. Pada pengujian whitebox dari delapan operasi yang berbeda semuanya mendapatkan hasil 100% valid dan sesuai dengan analisis kebutuhan yang telah dibuat. Dan pada pengujian blackbox pada empat belas pengujian dengan metode Equivalence Partitioning hasilnya 100% valid. Dengan demikian hasil pengujian fungsionalitas dapat dikatakan sangat baik dan sudah sesuai dengan analisis kebutuhan.
English Abstract
The rapid development of information technology makes humans creating a new innovation in terms of technology. Marketplace is a result of the current technological advances. Marketplace is a place or a container to do product marketing or service through internet media. Over time the competition between products will increase, therefore it needs an advertising trick which can reach more target buyers who are appropriate towards the products. Nowadays, Facebook’s being a social media which is pretty much used. Facebook has features which assessed the grup that be able to help advertising the product in accordance with the target of the product. To solve the problem above, a marketplace system which is already integrated with Facebook is required, by using cosine similarity algorithm then products will comprehend the level of similarity from the grup that have been existed. The results of the need analysis has been done, obtained fourty oe of the functional requirements and one non functional requirements. The test which is conducted in this research is the white box and black box testing. White box testing on eight different operating all getting the 100% valid and in accordance with the requirement analysis has been made. While black box testing that has been done on the fourteen testing with the Equivalence Partitioning method the results are 100% valid. As such the functionality test result can be said to be very good and compliance with the essential analysis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/795/051809400 |
Uncontrolled Keywords: | marketplace, facebook, cosine similarity, whitebox, blackbox, Equivalence Partitioning |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 02:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161477 |
Preview |
Text
Ahmad Wildan Mukafi.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |