Darmawansyah, Rizal (2018) Implementasi Sensory Immersion Dan Interactive Agent Control Pada Sistem Pemasaran Perumahan Melalui Teknologi Virtual Reality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Secara global metode pemasaran suatu produk properti masih menggunakan metode konvensional. Namun terdapat faktor lain yang dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli melalui sisi psikologis pembeli. Beberapa elemen yang dapat digunakan adalah melalui immersive dan interactive agent control. Elemen immersive digunakan untuk menstimulasi alat indera pembeli yang mana penelitian ini digunakan audio spatial sebagai medianya. Untuk elemen interactive agent control digunakan sebagai alat interaksi pembeli dengan produk yang akan dibentuk berupa agent virtual dan elemen-elemen tersebut akan diimplementasikan pada teknologi virtual reality. Untuk mengetahui kinerja dari setiap fungsional sistem maka akan diuji melalui blackbox testing serta dilakukan pengujian usability scale berupa usability score dan skala likert untuk mengetahui kualitas dari sistem secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengujian black-box didapatkan fungsi dari sistem telah berjalan secara baik dengan beberapa skenario yang ada dengan tingkat keberhasilan 100%. Untuk pengujian yang telah dilakukan, sistem mendapatkan skor usability scale 64,5 yang masuk dalam kategori C serta didapatkan sistem dapat dikuasai dengan mudah serta berkerja secara konsisten dan baik. Namun pada segi kenyaman, beberapa pengguna merasa sedikit pusing dan mual dikarenakan peforma sistem yang belum optimal.
English Abstract
Globally, the marketing method of a property product is still using conventional method. But there are other factors that can be used to attract buyers' attention through the buyer's psychological side. Some of the elements that can be used are through immersive and interactive agent control. The immersive element is used to stimulate the buyer's senses which in this case the spatial audio is used as the medium. For the element of interactive agent control is used as a buyer interaction with the product that will be a virtual agent and those elements will be implemented on virtual reality technology. To determine the performance of each functional, the system will be tested through black-box testing, and usability scale testing in the form of usability score and likert scale to determine the quality of the system in qualitative and quantitative. The results of the black-box testing obtained function of the system has been running well with some scenarios that exist with 100% success rate. From the tests that have been done, the system got 64,5 for usability scale score that categorized in C class and obtained the system can be mastered easily, work consistently and well. But on the comfort side, there are some users that feel dizzy cause the perform of the system has not optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/415/051807575 |
Uncontrolled Keywords: | kontrol agen interaktif, virtual reality, immersive, interaktif, audio skala spasial, usability immersive, interactive agent control, virtual reality, pemasaran, audio spatial, usability scale. |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 03:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161377 |
Preview |
Text
Rizal Darmawansyah.pdf Download (11MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |