Strategi Perencanaan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Sampang)

Maryam, Siti (2015) Strategi Perencanaan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Sampang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang masih belum mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan perubahan lingkungan. Dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan tersebut diperlukan strategi perencanaan yang berbasis pada perencanaan desentralisasi dan mengadopsi konsep dynamic Governance dengan berdasar atas analisis lingkungan internal dan eksternal sebagai acuan utama dalam perumusan strategi. Selanjutnya, Strategy Formulation Framework oleh Fred R. David digunakan untuk membantu dalam merumuskan strategi perencanaan yang tepat melalui pendekatan terhadap pilihan strategi yang lebih sistematis, logis, dan rasional. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini: Bagaimanakah kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang?; Bagaimanakah analisis faktor-faktor strategis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktorfaktor strategis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang?; Bagaimanakah alternatifalternatif strategi yang dapat digunakan dalam perencanaan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang?; Bagaimanakah prioritas strategi perencanaan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Terdeskripsikannya kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang; 2) Teridentifikasikannya faktor-faktor strategis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor strategis lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang; 3) Ditemukannya alternatif-alternatif strategi yang dapat digunakan dalam perencanaan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang; 4) Ditemukannya prioritas strategi perencanaan peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sampang. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategy Formulation Framework oleh Fred R. David dengan tiga tahapan yaitu Tahap pertama, Input Stage yang menganalisis Matriks IFE, Matriks EFE. Tahap kedua, Matching Stage yang mencakup Matriks IE, dan Matriks SWOT. Tahap ketiga adalah tahap Decision Stage dengan menggunakan QSPM. Dari analisis data pada tahap input, pada Matriks IFE diperoleh hasil yaitu skor untuk faktor kekuatan sebesar 1,51 dan kelemahan sebesar 1,49 dengan nilai total skor matriks IFE sebesar 3,00, menunjukkan bahwa faktor internal organisasi cukup kuat untuk meminimalisir kelemahan yang ada. Sedangkan pada matriks EFE yaitu skor untuk faktor peluang sebesar 1,55 dan faktor ancaman sebesar 1,47 dengan nilai total skor matriks EFE sebesar 3,02, ix menunjukkan bahwa peluang organisasi lebih besar daripada ancaman yang harus disikapi dengan bijak oleh organisasi. Pada tahap pencocokan, dari analisis Matriks IE, organisasi berada pada sel I yang digambarkan sebagai bertumbuh dan berkembang dengan alternatif strategi yang cocok yaitu strategi intensif yaitu market penetration, market development, dan product development atau strategi integrasi yaitu backward integration, forward integration, horizontal integration. Sedangkan pada Matriks SWOT, organisasi berada pada kuadran I yang menandakan organisasi berada pada posisi Aggressive dengan strategi utama yaitu forward integration strategy, market penetration strategy, dan product development strategy. Dari hasil pencocokan kedua matriks tersebut diperoleh tiga alternatif strategi yaitu: forward integration strategy, market penetration strategy, dan product development strategy. Pada tahap pengambilan keputusan, ketiga alternatif strategi tersebut dianalisis dengan menggunakan QSPM untuk diketahui nilai daya tariknya (AS). Hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa strategi yang menduduki prioritas pertama adalah forward integration strategy. Strategi-strategi fungsional yang dapat dilaksanakan berkenaan untuk meningkatkan jaringan distribusi pelayanan administrasi kependudukan yang lebih luas sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat pengguna layanan antara lain: 1) Penambahan wewenang pelayanan administrasi kependudukan di tingkat kecamatan, 2) Pembentukan UPTD, 3) Perluasan akses distribusi pelayanan, dan 4) Peningkatan dan penguatan sistem manajemen antar intansi terkait.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/FIA/2015/352.63/041601633
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jun 2016 13:57
Last Modified: 12 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160332
[thumbnail of 0_Cover_+_pengantar.pdf]
Preview
Text
0_Cover_+_pengantar.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1_BAB_I.pdf]
Preview
Text
1_BAB_I.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 2_BAB_II.pdf]
Preview
Text
2_BAB_II.pdf

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 3_BAB_III.pdf]
Preview
Text
3_BAB_III.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
4_BAB_IV.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_V.pdf]
Preview
Text
5_BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6_BAB_VI.pdf]
Preview
Text
6_BAB_VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
7_Daftar_Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item