Nugraha, MaulanaRizky (2016) Kajian Persepsi Siswa Sma Dan Smk Negeri Tentang Kinerja Keselamatan Bus Sekolah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang adalah kota pendidikan. Kota Malang Sebagai kota pendidikan mempunyai masalah mendasar yaitu kurangnya fasilitas sarana dan prasarana bagi pelajar untuk berangkat dan pulang sekolah. Kurangnya fasilitas yang ada membuat pelajar beralih menggunakan kendaraan pribadi. Padahal Pelajar Tingkat SMA dianggap belum mampu untuk mengendarai kendaraan. Pada awal 2015, Pemerintah Kota Malang berusaha menyediakan fasilitas transportasi yang layak bagi pelajar, dengan pengadaan bus sekolah. Enam Bus Sekolah yang beroperasi di enam rute belum mampu menarik perhatian pelajar untuk beralih dari mengendarai sepeda motor pribadi.. Oleh karena itu, kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk : 1) Untuk mengetahui persepsi pelajar tingkat SMA dan stakeholder sekolah terhadap kinerja keselamatan dari pengoperasian bus sekolah di Kota Malang.2) Untuk mengetahui model pemilihan moda oleh siswa antara sepeda motor dan bus sekolah di Kota Malang Terdapat dua Analisis pada kajian ini, analisis pertama untuk mengetahui persepsi siswa SMA setingkat dan stakeholder sekolah terhadap kinerja keselamatan dengan beroperasinya bus sekolah di Kota Malang dengan Metode Studi Persepsi. Analisis kedua untuk mengetahui model pemilihan moda oleh siswa antara sepeda motor dan bus sekolah di Kota Malang menggunakan metode Stated Preference (SP). Jumlah responden siswa pada analisis studi persepsi dan analisis dengan metode Stated Preference berjumlah 167 responden. Sedangkan responden stakeholder sekolah pada analisis studi persepsi berjumlah 106 responden. Survei direncakan pada seluruh SMA-SMK negeri di Kota Malang yang dilalui oleh Bus Sekolah. Namun, hanya bisa terealisasikan pada SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 6, SMAN 8, serta SMKN 10 Kota Malang akibat adanya kendala waktu dan perizinan. Survei dilakukan dengan metode selective sampling pada siswa yang dilakukan pada jam yang sudah diizinkan oleh pihak sekolah pada satu kelas tiap sekolah. Sedangkan, survei pada responden stakeholder sekolah dibagikan secara acak di ruang guru. Setelah dilakukan survei dan analisis data, didapatkan lebih dari 70% siswa sudah mengerti akan tingginya risiko kecelakaan mengemudi tanpa kepemilikan SIM, namun lebih 40% siswa tidak setuju apabila dilarang mengendarai kendaraan ke sekolah tanpa kepemilikan SIM. persepsi siswa tentang kinerja keselamatan bus sekolah di Kota Malang yaitu lebih dari 80% siswa setuju bahwa bus sekolah adalah solusi untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada siswa. Namun, kurang dari 20% siswa yang setuju dengan peraturan yang mewajibkan siswa untuk menggunakan bus sekolah. Hal ini berkaitan dengan keberadaan bus sekolah yang belum mampu menggantikan fungsi sepeda motor yang merupakan sarana transportasi fleksibel bagi siswa. Persepsi stakeholder sekolah terhadap keselamatan lalu lintas sangat baik. Hanya sedikit stakeholder sekolah yang tidak setuju akan adanya keterkaitan kepemilikan SIM dengan kesiapan pengemudi mengendarai kendaraan. Sedangkan, model pemilihan moda oleh siswa antara sepeda motor dan bus sekolah, yaitu (US–UB)=2,012 + 0,482 (X1) pada atribut frekuensi perjalanan, (US–UB)=0,261 – 0,007 (X2) pada atribut jarak pemberhentian bus sekolah dari tempat tinggal, (US–UB)=1,267 – 0,046 (X3) pada atribut waktu tempuh perjalanan.
English Abstract
Malang City is an education city. Malang as an education city has a main problem, there’s no proper transportation facilities for student to go to school. So, student use their own motorcycle or car to go to schools. Whereas, but actually the case is student isn’t ready to drive. So in 2015, the goverment try to operate a proper transportation facilities for student, so the goverment operate school bus for student. But, school bus doesn’t attract student. Therefore, aim of research are : 1) To know perseception of student and school’s stakeholder on safety performance of school bus. 2) To know the formula of preference between motorcycle and school bus. There are two kind of analysis, first analysis to know perseception of student and school’s stakeholder on safety performance of school bus. The second analysis to know the preference between motorcycle and school bus. Total number of respondent about study of student perception and stated preference are 167 respondent. Total number of respondent about study of school stakeholder perception are 106 respondent. The survey are scheduled on all of goverment senior high school (GSHS) which served by school bus. But, actually the survey are carried out on 2nd GSHS Malang, 3rd GSHS Malang, 4th GSHS Malang, 6th GSHS Malang, 8th GSHS Malang and 10th Goverment Pre-Professional High School Malang. The result of study of perception on student are more than 70% student know the risk to drive without driving license. But, more than 40% student doesn’t agree with school’s rule which prohibit them to drive without driving license. More than 80% student agree that school bus is a solution to reduce risk traffic accident by student. But, less than 20% student agree if all of student must to go to school by school bus. The formula of preference between motorcyle and school bus are : (US–UB)=2,012 + 0,482 (X1) based on operation frequent, (US–UB)=0,261 – 0,007 (X2) based on the distance between bus stop to home, (US–UB)=1,267 – 0,046 (X3) based on travel time
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/1081/051700012 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 09:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 00:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144232 |
Preview |
Text
7._RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._BAB_II_-TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
12._BAB_IV_-HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_I_-PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._BAB_III_-METODE_PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._BAB_V_-PENUTUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
15._LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_Maulana_Rizky_N_125060100111017.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_MAULANA_RIZKY_NUGRAHA.pdf Download (10MB) | Preview |
Preview |
Text
1._Sampul_-_Lembar_Peruntukan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |