Adinegoro, Ahmad Luthfi Teguh (2018) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website E-commerce dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (STUDI PADA LAZADA.CO.ID, BLIBLI.COM DAN JD.ID). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada saat ini perkembangan teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat dan memberi pengaruh kepada kehidupan manusia. Proses jual-beli tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi, banyak pelaku bisnis yang menggunakan bantuan teknologi internet untuk melakukan proses jual-beli dan juga promosi kepada produk yang mereka jual. Banyaknya e-commerce yang terdapat diindonesia membuat persaingan bisnis berpindah menuju secara online. Dengan persaingan pengembang e-commerce yang ikut meningkat, terdapat beberapa e-commerce yang telah memiliki nama atau sudah di kenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, tiga website e-commerce yang memiliki jumlah pengunjung yang cukup tinggi ialah Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tiga website e-commerce yang memiliki karateristik dan proses bisnis yang sama dalam sisi kegunaan dan pengalaman pengguna, yang menggunakan media website Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id. Pada penelitian ini terdapat 2 metode analisis yang digunakan, yaitu pertama analisis secara objektif dengan menggunakan pengujian secara langsung kepada responden dalam penggunaan website menggunakan tugas skenario dengan parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task completion dan error during task performance, yang diberikan kepada 10 responden dan Kuesioner UEQ yang memiliki 6 skala yaitu: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, yang diberikan kepada 20 responden. Responden memiliki latarbelakang yang berbeda-beda dengan rentang usia 16-65 tahun yang belum pernah menggunakan ketiga website yang diujikan. Kedua, analisis secara subjektif yang menggunakan focus group discussion untuk presepsi dan permasalahan pengguna yang lebih detail. Hasil analisis menunjukan bahwa pada penelitian secara objektif memperlihatkan nilai keberhasilan yang cukup tinggi yang diberikan responden walaupun baru pertama kali dalam menggunakan website tersebut. Dari kedua pengujian yang dijalankan dapat diketahui bahwa website Blibli.com lebih baik dibandingkan Lazada.co.id dan JD.id.
English Abstract
At this time the development of information technology has grown rapidly and give influence to human life. The process of buying and selling does not escape the influence of technological developments, many business people who use the help of internet technology to make the process of buying and selling also to the products they sell. The number of e-commerce in Indonesia makes the business competition move to online. With e-commerce developer competition which also increased, there are several e-commerce has had a name that is already well known and frequented by the people of Indonesia, three e-commerce website that has a fairly high number of visitors is Lazada.co.id, Blibli.com and JD.id. This research aims to compare the three e-commerce websites that have the same characteristics and business processes in terms of usability and user experience, using the website media Lazada.co.id, Blibli.com and JD.id. In this research, there are 2 analytical methods used, the first objective of evaluation by using direct test to the respondent in website usage using scenario task with parameter of task success rate, time per completed task, number of clicks during task completion and error during task performance , which was given to 10 respondents and UEQ Questionnaire which has 6 scales: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation and novelty, given to 20 respondents. Respondents have different backgrounds with age range 16-65 years odl who have never used the three websites tested. Second, subjective analysis using focus group discussion for more detailed user perception and problem. The results of the analysis showed that in the objective research shows the value of success is high enough given the respondent although only the first time they use the website. From two tests conducted can be seen that the website Blibli.com better than Lazada.co.id and JD.id.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/475/051808080 |
Uncontrolled Keywords: | analisis, pengalaman pengguna, website, e-commerce, UEQ, focus group analysis, user experience, website, e-commerce, UEQ, focus group |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 06:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13817 |
Preview |
Text
Ahmad Luthfi Teguh Adinegoro.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |