Minat Dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kacang Mete Melalui Pendekatan Theory Of Planned Behavior (Studi Kasus Di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri)

Apriani, Rika Yesi (2018) Minat Dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kacang Mete Melalui Pendekatan Theory Of Planned Behavior (Studi Kasus Di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kacang mete merupakan produk utama di Kabupaten Wonogiri. Produksi kacang mete yang tinggi di Kabupaten Wonogiri memunculkan banyaknya agroindustri kecil pengolahan mete dan yang paling banyak ditemui adalah di Kecamatan Jatisrono. Permasalahan dalam pemasaran kacang mete adalah harga yang mahal dan produk mete yang tidak beragam menyebabkan konsumen melakukan pembelian hanya di hari-hari tertentu, atau disebut dengan planned behavior. Berdasarkan banyaknya faktor yang mempengaruhi minat pembelian oleh konsumen dan penjualan kacang mete yang fluktuatif, maka untuk memahami mengenai minat konsumen dalam melakukan pembelian kacang mete peneliti merujuk pada Theory of Planned of Behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan jumlah responden menggunakan Rule of Thumb dari SEM PLS yaitu sebanyak 50 responden. Pengambilan responden secara Nonprobability Sampling dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Penelitian yang dilakukan di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan alat analisis WarpPLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel sikap (S), norma subjektif (NS), dan kontrol perilaku (KP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen (MK) untuk melakukan pembelian kacang mete. Varibel sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku memiliki koefisien jalur bernilai positif secara berturut-turut 0,244; 0,311; 0,406 dengan p-value masing-masing ≤0,05. Hasil nilai R-squared dalam penelitian ini sebesar 0,654 yang termasuk kategori model kuat. Konsumen kacang mete terdorong untuk melakukan pembelian kacang mete dari perasaan yang dirasakan, dorongan dari orang lain, serta faktor-faktor yang memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian kacang mete.

English Abstract

Cashew nut is the main product in Wonogiri Regency. The high production of cashew nut in Wonogiri Regency bring up a small agroindustries of cashew nut processing and the most common is in the Jatisrono District. Problems in the marketing of cashew nut are expensive prices and the slight product causing consumers to make purchases only on certain days, or called planned behavior. Based on factors that influence the interest of purchasing by consumers and the sales of cashew nut is fluctuate, this research aimed to understand about consumer interest in purchasing cashew nut. This research used a quantitative approach refer to Theory of Planned Behavior. Determination of number of respondents use Rule of Thumb from SEM PLS that is 50 respondents. Respondents of this study selected by Nonprobability Sampling by using the method of Accidental Sampling. Research conducted in Jatisrono District, Wonogiri Regency used primary data and secondary data. Analysis of research data using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with WarpPLS . The result of research showed that attitude variable (S), subjective norm (NS), and behavioral control (KP) have a positive and significant affect to consumer interest (MK) to purchase cashew nuts. Attitude, subjective norms, and behavioral controls have positive value coefficients of 0.244; 0.311; 0,406 with pvalue of each variable is ≤0,05. The result of R-squared value in this research is 0.654 which is categorized as strong model. Consumers of cashew nut are encouraged to make purchases from perceived feelings, encouragement from others, and factors that make it easier for consumers to purchasing of cashew nut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/420/051807951
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Kacang Mete, Planned Behavior
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:55
Last Modified: 19 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13755
[thumbnail of RIKA YESI APRIANI.pdf]
Preview
Text
RIKA YESI APRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item