Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Kota Malang

Khanifah (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Capaian angka konsumsi ikan pada tahun 2016 di Kota Malang adalah 27 kg/kap/tahun. Jumlah tersebut mengindikasikan bahwa angka konsumsi ikan di Kota Malang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu mencapai 25,5 kg/kap/tahun. Nilai ini merupakan hasil dari program “GEMARIKAN” yang digalakkan secara luas. Selain itu, letak geografis Kota Malang berdekatan dengan laut sehingga angka penyediaan ikan melimpah dan tersebarnya pusatpusat pedagangan ikan di Kota Malang menjadi faktor yang menunjang peningkatan angka konsumsi ikan. Pasar tradisional dan pasar modern yang tersebar di setiap daerah di Kota Malang dapat dipastikan terdapat pedagang yang menawarkan ikan baik dalam bentuk segar maupun olahan. Konsumen mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga terdapat berbagai dasar pertimbangan konsumen yang menjadi alasan konsumen melakukan pembelian ikan di pasar tradisional atau pasar modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perilaku konsumen terhadap pembelian ikan, karakteristik konsumen ikan, faktor kebudayaan, pribadi, sosial dan psikologis yang berpengaruh dan faktor yang berpengaruh dominan terhadap frekuensi membeli ikan di pasar tradisional dan pasar modern Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif naratif dan analisis regresi linier berganda. Perilaku konsumen di pasar tradisional Kota Malang dalam membeli ikan yaitu kepentingan konsumsi sangat penting, keputusan membeli telah direncanakan sebelumnya, motivasi membeli karena pengetahuan kandungan protein pada ikan, produk yang dibeli sebagian besar ikan segar dan tingkat kepuasan yang tinggi. Perilaku konsumen di pasar modern Kota Malang tidak jauh berbeda dengan perilaku konsumen di pasar tradisional. Perbedaan yang terjadi hanya produk yang dibeli sebagian besar produk olahan ikan (nugget, otak-otak, baso, dll). Alasan responden membeli ikan di pasar tradisional Kota Malang adalah harga ikan murah dan kegiatan tawar menawar. Sedangkan di pasar modern Kota Malang yaitu belanja kebutuhan lain dan kebiasaan. Karakteristik responden di pasar tradisional Kota Malang didominasi oleh perempuan berumur 30 – 49 tahun dengan tingkat pendidikan SMA dan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dengan tingkat pendapatan menengah ke bawah. Sedangkan karakteristik responden di pasar modern Kota Malang sebagian besar adalah perempuan berumur 30 – 49 tahun dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi bekerja sebagai pegawai swasta dan memiliki pendapatan keluarga per bulan tergolong menengah ke atas. Dari hasil analisis regresi inier berganda data pasar tradisional Kota Malang diperoleh estimasi Ya = -5,893+ 0,206X1a + 0,232X2a + 0,385X3a + 0,328X4a + e. Nilai R2 yaitu sebesar 0,377, secara simultan faktor kebudayaan, faktor pribadi, faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh terhadap frekuensi membeli ikan vii dengan nilai parsial masing-masing faktor berpengaruh positif dan faktor yang mendominasi adalah faktor psikologis. Sedangkan dari hasil analisis regresi inier berganda data pasar tradisional Kota Malang diperoleh estimasi Yb = -3,335+ 0,212X1b + 0,227X2b + 0,324X3b + 0,231X4b + e. Nilai R2 yaitu sebesar 0,320, secara simultan faktor kebudayaan, faktor pribadi, faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh terhadap frekuensi membeli ikan dengan nilai parsial masing-masing faktor berpengaruh positif dan faktor yang mendominasi adalah faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/160/051703342
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 May 2017 10:29
Last Modified: 20 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135776
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_PKM-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PKM-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL-KHANIFAH-135080400111020-AP.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item