Sahid, Ahmad Saifudin (2018) Analisis Keputusan Pembelian Ayam Potong Segar (Studi Di Pasar Perning, Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dan sebagian besar penduduknya berkerja disektor pertanian. Pertanian dalam arti luas kelautan, kehutanan, peternakan, pariwisata, pertambangan serta industri kecil dan kerajinan. Sehingga pemerintah perlu mengadakan berbagai program untuk kemajuan masyarakat, salah satu usaha pemerintah adalah memenuhi kebutuhan pangan khususnya kebutuhan protein hewani. Protein dapat dibagi 2 yaitu nabati dan hewani merupakan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam pertumbuhan serta perkembanganya karena protein salah satu faktor pembentukan sel-sel dan jaringan baru tubuh hingga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein nabati dapat disebut sebagai protein tidak lengkap karena senantiasa mempunyai kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Sementara protein hewani memiliki semua asam amino esensial, hingga disebut protein lengkap (Jaelani, 2010). Kebutuhan protein hewani di Indonesia setiap tahun terus menerus mengalami peningkatan hingga saat ini. Produksi daging ayam di Indonesia pada tahun 2014 denganviii total 1.544,378 ton pada tahun 2015 mengalami peningkatan menjadi 1.627,107 ton, untuk Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014 total produksi daging ayam 198,016 ton pada tahun 2015 mengalami peningkatan 202,967 ton, khususnya Kabupaten Mojokerto dalam data terakhir diketahui jumlah ternak ayam yang di potong mencapai 599, 000 ekor (BPS - Statistics Indonesia). Data tersebut menunjukan bahwa masyarakat Indonesia terutama di Kabupaten Mojokerto gemar mengkonsumsi ayam potong untuk memenuhi protein hewani, pemilihan mengkonsumsi ayam potong untuk memenuhi kebutuhan protein hewani disebabkan ayam potong mudah didapat dan juga harganya yang relatif murah. Hal ini di dukung pendapat Kotler dan Keller (2007:236) menerangkan dalam konteks perilaku konsumen, pengambilan keputusan (consumer decision making) dapat didefinisikan suatu proses konsumen melakukan penilaian terhadap berbagai alternatif pilihan dan memilih salah satu atau lebih alternatif yang di butuhkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Pengambilan data dilakukan pada bulan juni-juli 2017 di pasar perning Kabupaten Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah Mencari kelemahan penjualan ayam potong segar, Mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian ayam potong segar, membantu meningkatkan daya jual ayam potong segar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrument berupa kuisioner dengan pengolahan data computer SPSS seri 16.00. Uji validitas yang dihasilkan dari 19 item semuanya dinyatakan valid, sedangkan untuk uji reabilitas dari 2 variabel mengahsilkan nilai lebih besar dari 0,50. Hasil dari analisis faktor terbentuk 4 faktor yaitu, “indeks kesegaran daging/produk”, “ indeks kesusaian harga dan promosi”, “ix indeks kualitas produk dan harga” dan “indeks media sosial dan”. Hasil dari analisis linier berganda adalah jenis kelamin, pekerjaan, jumlah keluarga, “indeks kesegaran daging/produk”, “ indeks kesusaian harga dan promosi” berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian daging ayam potong segar di pasar Perning Kabupaten Mojokerto. Kesimpulan yang didapat adalah bahwasanya konsumen yang membeli daging ayam potong segar di pasar Perning Kabupaten Mojokerto menyatakan sesuai dengan keinginan, memiliki rasa ingin membeli lagi, menambah jumlah pembelian dalam bentuk produk dan tidak ada keluhan. Faktor – faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah jenis kelamin, pekerjaan, jumlah keluarga, “indeks kesegaran daging/produk”, “indeks kesusaian harga dan promosi. Saran yang dapat diberikan adalah produsen dapat memaksimalkan media sosial sebagai sarana pemasara
English Abstract
Research was carried out at Perning Market Mojokerto Regency. The buying decision toward fresh meat chicken and their influencing factor. 150 consumens was selected by accidential and purpose sampling method. Data collection was held from june to July 2017. Primary data were obtained by interview method, while secondary data were supplied by related institutions.factor and multiple regression technique were implemented to analyze the data. Results showed that repeating buying become the factor that encourage consumer to purchase fresh meat chicken in the similar place. Gender and index suitable of price and promotion represented the primary factor that increase in buying fresh meat chicken, index fallowed bay location and service, index product quality and price. However, constumer job and income reduced the purchasing fresh meat chicken.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2018/441/051808300 |
Uncontrolled Keywords: | purchasing, fresh meat, product, decision, price, promotion and place. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 01:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13503 |
Text
Ahmad Saifudin Sahid.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |