Handayani, Fitri (2015) Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos chanos) Presto di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potensi akuakultur air payau, yakni dengan sistem tambak diperkirakan mencapai 931.000 Ha dan hampir telah dimanfaatkan potensinya hingga 100% dan sebagian besar digunakan untuk memelihara ikan bandeng (Chanos chanos). Ikan bandeng merupakan salah satu upaya untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan mengolah ikan bandeng dengan cara di presto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan profil usaha pengolahan, 2). Mengetahui aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan aspek finansiil, 3). Mengevaluasi faktor internal dan eksternal, 4). Menyusun strategi pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng presto “Siti Sampurno” dengan menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis dan sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek teknis, aspek pemasaran, dan aspek manajemen usaha pengolahan ikan bandeng (Chanos chanos) presto “Siti Sampurno” serta analisis SWOT untuk strategi pengembangan usaha, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek finansiil yang meliputi aspek finansiil operasional dan jangka panjang. Aspek teknis pada usaha pengolahan ikan bandeng presto meliputi pencucian ikan, persiapan bumbu, pencampuran bumbu dan ikan yang akan dilumuri, pemprestoan, pendinginan, persiapan bumbu yang akan digoreng (jika konsumen minta digoreng), lalu pengemasan. Aspek pemasaran pada usaha pengolahan ikan bandeng presto meliputi permintaan untuk pengolahan ikan bandeng presto lebih tinggi dari penawaran dilihat dari pengolahan ikan bandeng presto yang selalu habis dijual. Penetapan harga yaitu harga per satu ekor ikan bandeng presto Rp 8.000,- saluran pemasaran usaha pengolahan ikan bandeng presto melalui perantara. Aspek finansiil pada usaha pengolahan ikan bandeng presto meliputi analisis jangka pendk selama satu tahun. Penerimaan yang diterima dalam setahun sebesar Rp 86.400.000,-, nilai Revenue Cost Ratio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,828 artinya usaha ini menguntungkan, keuntungan sebesar Rp 34.825.000,-, rentabilitas sebesar 73,70%, BEP sales sebesar Rp 12.976.834 dan BEP unit sebesar 1622 ekor. Strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Diagram analisis SWOT pada usaha pengolahan ikan bandeng presto didapatkan pengembangan usaha dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) yang menggunakan strategi Strength Opportunities (SO), yaitu mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan pada usaha pengolahan ikan bandeng presto yaitu tanggap menangkap peluang dan memanfaatkannya dengan baik, memanfaatkan sarana dan prasarana serta mempertahankan kualitas rasa yang enak dan gurih, kemudian memanfaatkan bantuan dari DKP Kota Malang dan mengikuti kegiatan yang diberikan DKP Kota Malang. Aspek finansiil jangka panjang pada usaha pengolahan ikan bandeng presto selama 10 tahun (2016-2025) didapatkan hasil penambahan biaya investasi yang harus dikeluarkan adalah Rp 7.056.700,- dengan Net Present Value sebesar Rp 541.442.498,- Net Benefit Cost Ratio sebesar 47,22, Internal Rate of Return sebesar 712% dan Payback Period atau waktu pengembalian modal sekitar 0,14 tahun. Saran yang diberikan peneliti untuk strategi pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng presto yaitu membuat buku keuangan, memperluas daerah pemasaran, menjaga komunikasi dan memperhatikan sanitasi higeinis. menerapkan strategi Strength Opportunities (SO) dengan mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2015/539/051505847 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Aug 2015 13:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134411 |
Preview |
Text
BAB_5_SKRIPSIKU.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2_SKRIPSIKU.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1_SKRIPSIKU.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
cover_new_edit_kompre.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4_SKRIPSIKU.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3_SKRIPSIKU.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAPUS_NEW_SIDANG!.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_6_SKRIPSIKU.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover,_daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |