Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Petani Dalam Pembelian Benih Jagung Hibrida DuPont Pioneer di Wilayah Kediri, Jawa Timur

Fadhilah, SarahAulia (2015) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Petani Dalam Pembelian Benih Jagung Hibrida DuPont Pioneer di Wilayah Kediri, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan bauran promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Kegiatan promosi dilakukan untuk sarana komunikasi dengan calon konsumen sehingga suatu perusahaan dapat mencapai tujuan program penjualan.Perkembangan industri benih nasional saat ini cukup pesat dan salah satu perusahaan benih yang melakukan investasi adalah PT DuPont Indonesia (DuPont Pioneer). Benih jagung hibrida DuPont Pioneer telah ada di pasaran Indonesia sejak tahun 1986, dan merupakan pemimpin pasar dalam industri benih jagung hibrida. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh PT. DuPont Indonesia (DuPont Pioneer) (2) Menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian benih jagung hibrida DuPont Pioneer (3) Menganalisis variabel bauran promosi apa yang paling berpengaruh dengan keputusan pembelian benih jagung hibrida DuPont Pioneer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui variabel bauran promosi apa saja yang digunakan oleh PT. DuPont Indonesia (DuPont Pioneer) dan analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian benih jagung hibrida DuPont Pioneer dan variabel bauran promosi apa yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk benih jagung hibrida DuPont Pioneer. Hasil dari penelitian ini adalah variabel bebas (Periklanan (X1) penjualan perorangan (X2) dan promosi penjualan (X3)) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal tersebut didapatkan dari hasil uji t antara periklanan (X1) dengan keputusan pembelian (Y) memiliki t hitung > t tabel yaitu 2,065 > 2,028, hasil uji t antara penjualan perorangan (X2) dengan keputusan pembelian (Y) memiliki t hitung > t tabel yaitu 2,037 > 2,028, hasil uji t antara promosi penjualan (X3) dengan keputusan pembelian (Y) memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu 2,603 > 2,028. Berdasarkan nilai koefisien beta di uji t didapatkan hasil bahwa periklanan (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,336 dibandingkan dengan variabel penjualan perorangan (X2) dan promosi penjualan (X3) sebesar 0,298 dan 0,316. Diharapkan pihak perusahaan dapat meningkatkan pelayanan dan mutu dari periklanan (X1) karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian. Mengingat variabel bebas (Periklanan, penjualan perorangan dan promosi penjualan) dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian, maka diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/656/05157649
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 19 Oct 2015 11:44
Last Modified: 20 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130685
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item