Tingkat Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Perluasan Merek (Brand Extension) (Studi Kasus Pada Produk Merek Tolak Angin di Kota Malang)

Furentina, Erika (2014) Tingkat Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Perluasan Merek (Brand Extension) (Studi Kasus Pada Produk Merek Tolak Angin di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perluasan merek (brand extension) merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan dalam memasarkan produk barunya. Perluasan merek (brand extension) dapat terjadi apabila perusahaan menggunakan merek yang sudah ada untuk produk barunya. PT. Sidomuncul adalah salah satu perusahaan yang menerapkan strategi perluasan merek (brand extension) pada produk barunya, yaitu mengeluarkan produk dalam satu kategori baru berupa Permen Tolak Angin dengan menggunakan merek Tolak Angin yang sudah kuat dan terkenal di pasaran. Tujuan penelitian ini ada dua, pertama adalah untuk mengetahui dan menganalisis arah respon konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari produk merek Tolak Angin Cair ke Permen Tolak Angin di Kota Malang. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar tingkat sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari produk merek Tolak Angin Cair ke Permen Tolak Angin di Kota Malang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, metode sensitivitas respon dan metode statistik yaitu, uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS for windows. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat sensitivitas respon terhadap perluasan merek (brand extension) menggunakan model Hierarcy of effect yang terdiri dari kesadaan (awareness), pengetahuan (knowledge), kesukaan (liking), kecenderungan (preference), keyakinan (conviction), dan pembelian (purchase). Data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan 68 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan arah respon respon konsumen konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari Tolak Angin Cair ke Permen Tolak Angin adalah negatif sebesar -18,48. Nilai negatif menunjukkan selisih dari kekuatan respon Tolak Angin Cair lebih besar daripada Permen Tolak Angin yang berarti merek induk lebih dominan dalam membentuk respon konsumen. Sedangkan sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari Tolak Angin Cair ke Permen Tolak Angin adalah lebih besar dari satu yaitu dengan nilai 2,80 yang termasuk dalam kategori sensitif.

English Abstract

Brand extension is one of the strategies that can be used by a company to offering the new products. Brand extension can occur if the company use the exsisting brand to the new products. PT. Sidomuncul is one of the companies implementing a strategy of brand extension on their new products, namely to release the new category by candy product with using the brand of Tolak Angin which has been strong and well know in the marketplace. There are two purposes of this research, first is to known and analyze the direction of the consumer’ response on the brand extension from Tolak Angin Liquid to Candy Tolak angin in Malang City. Second is to know and analyze How big the level of sensitivity response of consumers on the brand extension from Tolak Angin Liquid into Candy Tolak angin in Malang City. This research methode is used descriptive analysis method, sensitive response method, statistical method that is, validity and reliability tests by SPSS for windows. Methods used to analyze the level of sensitivity response to brand extension used Hierarchy of effect model which consists of brand awareness, knowledge, liking, preference, conviction, and purchase. The data used in the research were primary and secondary data. The primary data were obtained by distributing questionnaires in which their measurement was measured by Likert scale. This research used 68 respondents as the samples which were obtained by accidental sampling technique. The results of the research showed direction of consumers’ response to brand extension from extension from Tolak Angin Liquid to Candy Tolak angin was negative with values -18,48. Negative values indicate the difference of the strength of the response Tolak Angin Liquid higher than Candy Tolak Angin which means that Tolak Angin Liquid as the main of the brand is dominant in shaping consumer response. Sensitive response to brand extension from Tolak Angin Liquid to Candy Tolak angin was bigger than one with values 2,80 which comprised of sensitive category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/279/051406107
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Oct 2014 08:18
Last Modified: 20 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129744
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item