Ilyas, Muhamad (2018) Optimasi Desain Chassis Traktor Mini Perkebunan Kapasitas Angkut 750 Kg Dengan Response Surface Methodology. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Transportasi roda empat merupakan transportasi yang sangat banyak digunakan dalam kehidupan zaman modern termasuk pada kegiatan sub sektor pertanian yaitu perkebunan kelapa sawit. Dengan luasnya lahan perkebunan kelapa sawit dan medan yang tidak rata sehingga membutuhkan kendaraan yang mampu untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satu kendaran yang dipakai adalah traktor mini, dan kendaraan ini harus memiliki chassis yang kuat. Chassis merupakan rangka yang berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin serta penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi optimum desain chassis traktor mini perkebunan kapasitas angkut 750 kg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi komputer menggunakan software berbasis metode elemen hingga yang telah terbukti dapat mendekati hasil penelitian eksperimental digunakan untuk dapat mempercepat proses perencanaan. Parameter desain yang digunakan ialah variasi sudut samping, lebar profil, tinggi profil dan tebal profil terhadap ratio tegangan per massa dengan menggunakan Response Surface Methodology. Variabel yang di kontrol pada penelitian ini adalah panjang chassis = 3260 mm, material chassis = SS400, serta pembebanan vertical bending mode telah diaplikasikan dengan informasi beban menurut salah satu perusahaan otomotif indonesia. Material diasumsikan homogen pada semua bagian chassis. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah semakin besar ukuran sudut samping, lebar profil, tinggi profil dan tebal profil akan menyebabkan ratio tegangan per massa menurun. Dengan me-minimumkan respon dari tegangan maksimal dan massa total chassis menggunakan response surface methodoly, maka kondisi optimum desain chassis dapat diketahui yaitu parameter desain input sudut samping = 200, lebar profil = 50 mm, tinggi profil = 80 mm, tebal profil = 5.5 mm dengan parameter output dari tegangan maksimal = 143.81 MPa dan massa total = 134.19 kg.
English Abstract
Four-wheel vehicles are a transportation that is widely used in modern-day life including the activities of agriculture sub sector, namely oil palm plantations. With the wide area of oil palm plantations and the flatless terrain, a vehicle capable of overcoming these conditions is required. One of the vehicles used is a mini tactor with strong chassis requirement. Chassis is a body frame of vehicle that serves and support vehicle, engine and passenger weight. The purpose of this research is to know the optimum condition of chassis design of mini plantation tractor of 750 kg transport capacity. The research method used in this study is computer simulation using software based on finite element method that has been proven to be close to the result of experimental research used to accelerate the planning process. Design parameters used are variation of side angle, profile width, profile height and profile thickness toward stress per mass ratio by using Response Surface Methodology. The control variables in this research are chassis length = 3260 mm, chassis material = SS400, and vertical bending mode loading has been applied with load information according to one of indonesian automotive company. The material is assumed to be homogeneous on all parts of the chassis. By minimizing the response on maximum stress and total chassis mass using the response surface methodoly, the optimum conditions of the chassis design can be identified, i.e. the input side angle design parameters = 200, profile width = 50 mm, profile height = 80 mm, profile thickness = 5.5 mm with output parameters of maximum stress = 143.81 MPa and total mass = 134.19 kg.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/458/051805937 |
Uncontrolled Keywords: | Chassis, Optimasi desain, Ratio tegangan per massa. Chassis, Design Optimization, Stress per mass ratio. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.24 Chassis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 06:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12795 |
Preview |
Text
4. bab 3.pdf Download (719kB) | Preview |
Preview |
Text
5. bab 4.pdf Download (768kB) | Preview |
Preview |
Text
6. bab 5.pdf Download (8kB) | Preview |
Preview |
Text
Muhamad Ilyas.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Preview |
Text
1. Bagian depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2. bab 1.pdf Download (16kB) | Preview |
Preview |
Text
3. bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |