Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ikan Segar Di Pasar Modern Jakarta (Studi Kasus Pada Tip Top Rawamangun)

Sigit, Wishal Iqrima (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ikan Segar Di Pasar Modern Jakarta (Studi Kasus Pada Tip Top Rawamangun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber kekayaan alam terbesar yang dimiliki oleh Indonesia salah satunya adalah dibidang kelautan dan perikanan dikarenakan Indonesia 3/4 permukaannya adalah lautan. Ikan merupakan hasil perairan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Saat ini ikan tidak hanya dapat ditemukan di pelelangan maupun pasar tradisional, tetapi ikan dapat juga diperoleh di pasar modern salah satunya di Tip Top Rawamangun. Tip Top Rawamangun merupakan pasar modern islami yang ada di Jakarta Timur yang menerapkan cara-cara yang sesuai dengan ajaran islam dengan kegiatan dagangnya dan pasar modern ini menyediakan kebutuhan sehari-hari termasuk ikan segar. Dalam pembelian ikan segar di Tip Top Rawamangun konsumen memiliki preferensi sendiri, hal ini bergantung kepada perilaku konsumen. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sendiri dalam keputusan pembelian ikan segar di Tip Top Rawamangun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik konsumen yang membeli ikan segar di Tip Top Rawamangun,mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian ikan segar di Tip Top Rawamangun dan mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian ikan segar di Tip Top Rawamangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatitf dan kuantitatif dimana deskriptif kualitatif mendeskripsikan perilaku serta karakteristik konsumen dalam membeli ikan segar di Tip Top Rawamangun dan deskriptif kuantitatif mengkaji faktor apa saja yang mempengaruhi perillaku konsumen dalam membeli ikan segar di Tip Top Rawamangun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yang artinya tidak memberikan kesempatan sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Metode pengambilan sampelnya menggunakan metode accidental sampling yang artinya siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dipandang sesuai dengan kriteria dan berkenan. Metode penentujan jumlah sampel menggunakan linear time function dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Berasarkan hasil di dapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3), psikologi(X4), harga(X5), pendapatan(X6), jumlah tanggungan(X7), dan selera(X8) sebagai variable bebas (independent) dan keputusan pembelian ikan segar sebagai variable terikat (dependent). Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil 1,947 + 0,340X1 – 0,048X2 – 0,189X3 + 0,399X74 + 0,135X5 + 0,584X6 – 0,717X7 + 0,542X8 + e. Hasil tersebut menunjukkan koefisien regresi faktor budaya(X1), psikologi(X4), harga(X5), pendapatan(X6) dan selera (X8) bernilai positif yang artinya bahwa variabel terserbut memiliki hubungan yang searah dengan keputusan membeli (Y) dan faktor sosial(X2), pribadi(X3), dan pendapatan (X7) bernilai negatif yang artinya bahwa variabel terserbut memiliki hubungan yang tidak searah dengan keputusan membeli (Y). Nilai R2 sebesar 0,754 atau dapat disimpulkan 75,4% keputusan membeli ikan segar di Tip Top Rawamangun ditentukan oleh faktor budaya, sosial, pribadi, psikologi, harga, pendapatan, jumlah tanggungan, dan selera. Berdasarkan uji secara simultan atau bersama-sama faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3), psikologi(X4), harga(X5), pendapatan(X6), jumlah tanggungan(X7), dan selera(X8) berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan segar(Y) di Tip Top Rawamangun dan untuk uji secara parsial atau sendiri-sendiri variabel bebas yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan segar yaitu faktor budaya(X1), psikologi(X4), pendapatan(X6) dan selera(X8). Variabel bebas yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian ikan segar adalah faktor sosial(X2), pribadi(X3), harga(X5), dan jumlah tanggungan(X7). Faktor perilaku konsumen yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelian ikan segar di Tip Top Rawamangun yaitu faktor selera (X8) karena mempunyai nilai t hitung yang paling besar sebesar 4,302 dengan nilai koefisien sebesar 0,000.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/390/051805849
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:43
Last Modified: 06 Jan 2022 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12707
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item