Tyasanti, HendricaHelma (2016) Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien Tuberkulosis Terhadap Pelayanan Konseling Menggunakan Aplikasi “TBCare (Paru)” dan Media Checklist (Penelitian Dilakukan di Puskesmas Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konseling adalah proses pemberian informasi objektif dan lengkap, bertujuan untuk membantu seseorang mengenali kondisinya saat ini, masalah yang sedang dihadapi dan menentukan jalan keluar atau upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Agar konseling menjadi lebih efekif, konselor dapat menggunakan alat bantu konseling sehingga pasien dapat lebih memahami mengenai materi konseling yang diberikan. Pada penelitian ini dilakukan pelayanan konseling menggunakan alat bantu konseling berupa aplikasi “TBCare (Paru)” dan media checklist, yang kemudian dilakukan perbandingan tingkat kepuasan di antara keduanya dimana terdapat dua kelompok sampel, yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Pada kelompok kontrol, konseling dilakukan menggunakan media checklist, yaitu panduan konseling berupa daftar yang berisi mengenai materi yang harus disampaikan oleh konselor pada saat konseling. Pada kelompok perlakuan, konseling dilakukan menggunakan aplikasi “TBCare (Paru)”, yaitu alat bantu konseling yang tergolong alat peraga. Media checklist dan aplikasi “TBCare (paru)” berisi materi yang sama. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 sampel yang terbagi dalam dua kelompok. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan Puskesmas dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling sementara pemilihan sampel dilakukan berdasarkan teknik random sampling di mana keduanya harus memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi yang ditetapkan. Hasil dilihat dari skor kuesioner kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil penelitian dengan analisis Uji independent t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Pada perbandingan pengukuran dimensi kepuasan, perbedaan tingkat kepuasan pasien TB berbeda secara signifikan pada dimensi sarana fisik, kehandalan, daya tanggap dan jaminan, namun tidak memberikan perbedaan yang signifikan pada dimensi empati
English Abstract
Counseling is a process of giving objective and complete information, aims to help people recognize the current condition, the problem and determine a way out to resolve the problem. In order to be more effective, the counselor can use counseling tools so that patients can better understand the material given. In this research, counseling services using tools such as application counseling "TBCare (Paru)" and media checklist, and then do a comparison between the level of satisfaction where there are two groups of samples, namely the control group and the treatment group. In the control group, counseling was done using media checklist, which is a guidance counseling in the form of a list which contains the material to be delivered by the counselor during counseling. In the treatment group, counseling was done using the application "TBCare (Paru)", which is a counseling tools that are categorized as properties. Media checklist and application "TBCare (Paru)" contains the same material. Number of samples in this study were 60 samples, divided into two groups. This study uses observational analytic with cross sectional approach. Selection of PHC were based on purposive sampling while the sample selection were based on random sampling technique in which both must meet the inclusion and exclusion criteria specified. The results seen from the questionnaire scores obtained from the control group and the treatment group. Results by independent T-test analysis Test generated significant value of 0.000 (p <0.05) thus shows that there were significant differences in satisfaction levels in the control group and the treatment group. In a comparison of satisfaction dimensional measurements, differences were seen in the level of tangibility, reliability, responsiveness and assurance, but does not provide a significant difference in the dimensions of empathy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/759/051700323 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 10:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126469 |
Preview |
Text
10._BAB_VII.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12._LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
8._BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
7._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
MAJALAH_HENDRICA_HELMA_135070501111010.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._ABSTRAK_INDONESIA_+_INGGRIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
6._BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |