Pengaruh Efektivitas Diskusi Kelompok Pbl (Problem-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universita

Ramadhan, AdityaPutra (2016) Pengaruh Efektivitas Diskusi Kelompok Pbl (Problem-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan kedokteran gigi menggunakan metode pembelajaran PBL(Problembased Learning) untuk menyampaikan materi pembelajaran yang terintegrasi dalam suatu diskusi kelompok. PBL memiliki tiga komponen yaitu kualitas skenario, peran fasilitator dan peran anggota kelompok. Berpikir kritis merupakan kemampuan seorang mahasiswa untuk memproses suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari PBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PSPDG FKUB. Jenis penelitian ini adalah survei analitik. Pada populasi mahasiswa PSPDG angkatan 2013. Pengambilan data diambil dengan menggunakan kuesioner “The degree of complexity and structuredness of PBL problems Questionnaire” untuk menilai kualitas skenario, “Tutorial Group Effectiveness Instrument” untuk peran anggota kelompok, “Tutor Evaluation in a PBL Curriculum” untuk peran fasilitator, serta “Pendekatan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Diskusi PBL” untuk kemampuan berpikir kritis. Pengolahan data diuji menggunakan Spearman’s rho untuk mengetahui adanya hubungan kualitas skenario, peran fasilitator dan peran anggota kelompok terhadap berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada komponen PBL yaitu kualitas skenario memiliki hubungan yang lemah terhadap berpikir kritis, sedangkan peran fasilitator dan peran anggota kelompok memiliki hubungan yang kuat. Ketiga komponen PBL tadi dan berpikir kritis mahasiswa tergolong kategori baik. Setelah diuji statistik, kualitas skenario didapatkan p>0.01 yang artinya tidak terdapat hubungan yang bermakna, sedangkan pada peran fasilitator dan peran anggota kelompok didapatkan p<0.01 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas diskusi PBL terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan persepsi mahasiswa PSPDG FKUB terbukti sebagian, karena pada peran fasilitator dan peran anggota kelompok yang memiliki pengaruh positif, sedangkan pada kualitas skenario tidak berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/188/051603967
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 May 2016 15:42
Last Modified: 20 Oct 2021 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125852
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_&_lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
Cover_&_lembar_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of hasil_kuesioner_2016_lampiran.pdf]
Preview
Text
hasil_kuesioner_2016_lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item