Ramadhan, AdityaPutra (2016) Pengaruh Efektivitas Diskusi Kelompok Pbl (Problem-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan kedokteran gigi menggunakan metode pembelajaran PBL(Problembased Learning) untuk menyampaikan materi pembelajaran yang terintegrasi dalam suatu diskusi kelompok. PBL memiliki tiga komponen yaitu kualitas skenario, peran fasilitator dan peran anggota kelompok. Berpikir kritis merupakan kemampuan seorang mahasiswa untuk memproses suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari PBL terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PSPDG FKUB. Jenis penelitian ini adalah survei analitik. Pada populasi mahasiswa PSPDG angkatan 2013. Pengambilan data diambil dengan menggunakan kuesioner “The degree of complexity and structuredness of PBL problems Questionnaire” untuk menilai kualitas skenario, “Tutorial Group Effectiveness Instrument” untuk peran anggota kelompok, “Tutor Evaluation in a PBL Curriculum” untuk peran fasilitator, serta “Pendekatan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Diskusi PBL” untuk kemampuan berpikir kritis. Pengolahan data diuji menggunakan Spearman’s rho untuk mengetahui adanya hubungan kualitas skenario, peran fasilitator dan peran anggota kelompok terhadap berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada komponen PBL yaitu kualitas skenario memiliki hubungan yang lemah terhadap berpikir kritis, sedangkan peran fasilitator dan peran anggota kelompok memiliki hubungan yang kuat. Ketiga komponen PBL tadi dan berpikir kritis mahasiswa tergolong kategori baik. Setelah diuji statistik, kualitas skenario didapatkan p>0.01 yang artinya tidak terdapat hubungan yang bermakna, sedangkan pada peran fasilitator dan peran anggota kelompok didapatkan p<0.01 yang artinya terdapat hubungan yang bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas diskusi PBL terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan persepsi mahasiswa PSPDG FKUB terbukti sebagian, karena pada peran fasilitator dan peran anggota kelompok yang memiliki pengaruh positif, sedangkan pada kualitas skenario tidak berpengaruh positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/188/051603967 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 May 2016 15:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125852 |
Preview |
Text
BAB_7.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover_&_lembar_persetujuan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
hasil_kuesioner_2016_lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |