Efektivitas Penerapan Pretest Dalam Diskusi Kelompok Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran UB.

Cahyani, HayyuDwi (2015) Efektivitas Penerapan Pretest Dalam Diskusi Kelompok Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran UB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu metode evaluasi pendidikan yang berupa pretest berfungsi sebagai motivator belajar mahasiswa dan mempengaruhi komunikasi dalam proses belajar mengajar. Apabila mahasiswa telah belajar lebih giat maka dasar pengetahuan untuk diskusi Problem-Based Learning (PBL) lebih melekat pada pemahaman dan ingatan mereka. Pemahaman yang baik akan menjadikan mahasiswa memiliki perilaku berpikir kritis dan menjadi bekal dalam berkomunikasi pada proses PBL. Tujuan penelitian ini mengevaluasi penerapan pretest dalam diskusi kelompok PBL dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi FKUB. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan rancangan One group Pretest-Posttest Design. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa PSPDG FKUB angkatan 2010 dan 2011 yang pernah mengikuti diskusi kelompok PBL tanpa pretest dan dengan pretest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor berpikir kritis mahasiswa PSPDG FKUB sebelum diterapkan pretest ± 3,9759 dan setelah diterapkannya pretest ± 3,9424 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi sebelum diterapkan pretest ± 4,1046 dan setelah diterapkannya pretest ± 4,0720. Analisa data menggunakan uji Paired T-Test menunjukkan nilai signifikansi berturut-turut 0,366 dan 0,339 pada kemampuan berpikir kritis dan komunikasi (p>0,05). Sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan bermakna antara kemampuan komunikasi dan berpikir kritis sebelum dan sesudah diterapkan pretest pada diskusi kelompok PBL pada angkatan 2010 dan 2011.

English Abstract

One of education evaluation method was in the form of a pretest, serves as a learning motivator and affects student communication in the learning process. If the student has studied harder then they will have more knowledge base for Problem-Based Learning (PBL) discussion. A good understanding will turn student’s critical thinking and behavior into good communication in the PBL process. The purpose of this study is to evaluate the implementation of pretest in PBL group in improving communication skills and critical thinking of dental students of medical faculty of Brawijaya. This study uses a pre-experimental design with the design of One group pretest-posttest Design. The sample is selected from class of 2010 and 2011 student who had attended the PBL group discussion without pretest and with the pretest. The results showed an average score of student’s critical thinking before pretest implementation ± 3.9759 and ± 3.9424 after the pretest implementation and the average score of students communication skills before pretest implementation ± 4.1046 and ± 4 ,0720 after the implementation of the pretest. Data analysis using Paired T-test showed significant value respectively 0.366 and 0.339 on critical thinking skills and communication (p> 0.05) showed no significant difference between communication skills and critical thinking before and after applied pretest on PBL group discussions on the class of 2010 and 2011.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/287/051502176
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 13 Mar 2015 14:31
Last Modified: 19 Oct 2021 00:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125045
[thumbnail of LAMPIRAN_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VII_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_VII_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_I_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_II_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_HAYYU_DWI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_III_HAYYU_DWI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_V_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf]
Preview
Text
BAB_VI_HAYYU_DWI_CAHYANI_115070401111011.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item