Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website E-Commerce (Studi Pada Klikindomaret.com Dan Alfacart.com)

Kusnawati, Wilda (2018) Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website E-Commerce (Studi Pada Klikindomaret.com Dan Alfacart.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia sudah tak dapat dihindarkan, tak terkecuali bagi para pelaku bisnis yang menggunakan internet sebagai media promosi, pembelian, penjualan juga informasi suatu produk. Banyaknya e-commerce di Indonesia menjadi bukti jika pelaku bisnis mulai berpindah menuju bisnis secara online. Banyaknya penggunaan e-commerce ini membuat dua perusahaan yang bergerak di bidang minimarket yaitu indomaret dan alfamart mulai membuat website mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua e-commerce yang memiliki karakteristik dan proses bisnis yang sama dalam memudahkan pengguna dari sisi kegunaan juga pengalaman pengguna dengan menggunakan media website klikindomaret.com dan alfacart.com. Terdapat 2 metode dalam analisis pengalaman pengguna kedua website ini, yaitu analisis secara subjektif dengan menggunakan kuesioner UEQ yang memiliki 6 skala yaitu: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty kepada sebanyak 20 responden dan analisis secara objektif dengan cara menguji responden secara langsung dalam penggunaan website meggunakan skenario dengan parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task competion dan error during task performance kepada 6 responden. Responden merupakan mahasiswa dengan rentang usia 18-24 tahun yang belum pernah mengoperasikan kedua website ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada penelitian subjektif, responden memberikan impresi yang cenderung positif dengan nilai rata-rata yang mencapai level positif (good) dengan skala mencapai bahkan melebihi 0,8. Untuk penelitian objektif menunjukkan nilai keberhasilan yang cukup tinggi dari responden meskipun mereka baru pertama kali mengoperasikan website tersebut.

English Abstract

The use of internet in Indonesia is inevitable, not least for business people who use the internet as a media campaign, purchase, sale also information of a product. The number of e-commerce in Indonesia to be evidence if the business people began to move their business to online business. The number of use in e-commerce makes two companies engaged in the field of minimarkets indomaret and alfamart start to create their website. This study aims to compare two e-commerce that has characteristics and business processes are the same in how them facilitating users from the usability side also from user experience side with using media website klikindomaret and alfacart. There are 2 method of analisys to analyze the data that was subjectively by distributing Questionnaire from User Experience Questionnaire (UEQ) which has 6 scales: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation and novelty to 20 respondents and objectively by testing the respondent directly in website usage using scenario with parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task competence and error during task performance to 6 respondents. Respondents are students from 18-24 years old who have never operated these two websites. The results of the analysis showed that in the subjective research the respondents gave positive tendency impression with the average value reaching the positive level with the scale reaching even exceed 0.8. For objective research shows a high success rate of respondents even though they are the first time to operate the website

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/49/051800909
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pengalaman Pengguna, Website, E-Commerce, UEQ
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Jul 2018 01:53
Last Modified: 26 Oct 2021 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11766
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (946kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item