Analisis Pengaruh Gaya Hidup Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks, Kota Malang.

Putri, Febri Suryaning (2018) Analisis Pengaruh Gaya Hidup Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang diminati di kalangan mahasiswa. Tingginya minat konsumsi kopi ini dibuktikan dengan peningkatan konsumsi kopi di Indonesia setiap tahunnya. Peningkatan konsumsi kopi juga terjadi di kalangan mahasiswa dan mencapai angka 50%. Peningkatan konsumsi kopi di kalangan mahasiswa dapat disebabkan oleh perubahan gaya hidup. Gaya hidup merupakan gambaran mengenai cara mahasiswa berperilaku, membelanjakan uangnya dan memanfaatkan waktu. Gaya hidup dapat dibagi menjadi tiga dimensi utama yaitu aktivitas, minat, dan pendapat. Aktivitas merupakan segala hal yang dilakukan mahasiswa untuk membelanjakan dan memanfaatkan waktunya. Minat merupakan preferensi atau keinginan mahasiswa terhadap hal tertentu.. Sedangkan pendapat merupakan pandangan mahasiswa mengenai topik tertentu. Terdapat kecenderungan mahasiswa untuk membeli produk dengan merek global. Produk dengan merek global diartikan sebagai simbol dari gaya hidup global. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mahasiswa dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kopi Starbucks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mahasiwa yang membeli kopi Starbucks serta mengetahui pengaruh gaya hidup mahasiswa yang mendorong keputusan pembelian kopi Starbucks. Penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya pada bulan Februari 2018. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil melalui kuesioner pada 100 mahasiswa yang bersedia menjadi responden dan pernah melakukan pembelian kopi Starbucks. Data tersebut dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software WarpPLS versi 5.0. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui karakteristik mahasiswa yang membeli kopi Starbucks dan bagaimana gaya hidup dapat mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian kopi Starbucks. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis variabel aktivitas, minat dan pendapat yang menghasilkan pengaruh yang signifikan. Aktivitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada kopi Starbucks. Aktivitas yang dimaksud di sini adalah kegiatan perkuliahan, hobi, keanggotaan kelompok, dan komunitas. Minat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Minat yang diteliti di sini adalah minat perkuliahan, minuman, dan media. Pendapat juga memberikan pengaruh pada keputusan pembelian kopi Starbucks. Pendapat yang dimaksud merupakan pendapat mengenai diri sendiri dan hubungan sosial. Aktivitas dan minat memberikan pengaruh moderat sedangkan pendapat berpengaruh kecil. Hal ini berarti bahwa aktivitas dan minat mahasiswa merupakan faktor yang mendominasi mahasiswa dalam memutuskan untuk membeli kopi Starbucks. Sedangkan pendapat merupakan faktor pendukung dalam keputusan pembelian mahasiswa melakukan pembelian kopi Starbucks. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya hidup mahasiswa dapat mempengaruhi keputusan pembelian kopi Starbucks.

English Abstract

Coffee is one of the most popular beverages among students. The high interest in coffee consumption is evidenced by the increase in coffee consumption in Indonesia every year. Increased coffee consumption also occurs among students and reaches 50%. Increased coffee consumption among students can be caused by lifestyle changes. Lifestyle is a picture of how students behave, spend their money and spend time. Lifestyle can be divided into three main dimensions of activity, interests, and opinions. Activity is everything a student does to spend and make use of his time. Interest is a preference or desire of students to certain things. While opinions are the views of students on a particular topic. There is a tendency for students to buy products with global brands. Products with global brands are defined as symbols of a global lifestyle. It is therefore important to know how the student lifestyle and its effects on the Starbucks coffee purchase decision. This research is aim to know college student characteristic who buy Starbucks coffee and to know the influence of college student lifestyle that push them to make decision buying Starbucks coffee. This research was conducted in Universitas Brawijaya in February 2018. The data used are primary data taken through questionnaires on 100 students who are willing to be respondents and never purchase Starbucks coffee. The data were analyzed using SEM-PLS method with WarpPLS version 5.0 software. The results of this study can be seen the characteristics of students who buy Starbucks coffee and how the lifestyle can affect student decisions in buying Starbucks coffee. This is evidenced by the results of the analysis of activity variables, interests and opinions that produce a significant influence. Activity affects purchasing decisions on Starbucks coffee. The activities referred to here are lectures, hobbies, group memberships, and community activities. Interest affects purchasing decisions. The interest studied here is interest in lectures, drinks, and media. Opinion also affects the decision to purchase Starbucks coffee. The opinions in question are opinions about self and social relations. Activities and interests have moderate influences while opinions have little effect. This means that student activity and interest is a factor that dominates students in deciding to purchase Starbucks coffee. While opinion is a supporting factor in the purchasing decision of students to purchase Starbucks coffee. The results of this study can be concluded that the lifestyle of students can influence the decision to purchase Starbucks coffee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/270/051804307
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:45
Last Modified: 20 Oct 2021 11:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11661
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (771kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (721kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item