Pelaksanaan Local Area Network (Lan) Untuk Optimalisasi Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang)

Kurniawan,DeniDwi (2011) Pelaksanaan Local Area Network (Lan) Untuk Optimalisasi Pelayanan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang adalah organisasi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan seputar masalah perijinan di tingkat regional Kota Malang sehingga pelayanan adalah hal yang penting bagi organisasi ini. Kesadaran akan kebutuhan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan murah inilah yang menjadi latar belakang penggunaan Local Area Network sebagai penunjang proses pengolahan data yang efektif sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan dengan cepat dan murah serta ada kepastian penyelesaian produk perijinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan yang dilakukan pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang dengan media bantu Local Area Network atau Jaringan Komputer Lokal dan sudah seberapa optimalkah Local Area network ini difungsikan untuk pelayanan perijinan kepada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fungsi dari jaringan komputer lokal seperti data sharing, connectivity, distributed parallel processing, security dan centralized backup serta ditambah dengan prosedur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Secara infrastruktur jaringan, instansi ini sudah memiliki beberapa inisiatif mekanisme perencanaan dan tata kelola, namun sifatnya masih sporadis, tidak konsisten, belum formal, dan masih reaktif, masih belum terencana dengan baik. Dari sisi pelaksanaan untuk pemberian pelayanan, jika disimpulkan Local Area Network masih kurang dimanfaatkan secara optimal dalam pemberian pelayanan masyarakat, kurang aktifnya admnistrator sebagai pengontrol jaringan dan masih minimnya pengetahuan user akan pemanfaatan jaringan menjadi salah satu alasan mengapa LAN ini kurang dimanfaatkan secara optimal pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang ini. Saran dari peneliti, perlu diadakannya pelatihan untuk menunjang pengetahuan user terhadap dunia teknologi informasi, peremajaan atau

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/488/051200474
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 14:09
Last Modified: 22 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115112
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item